PREFERENSI KONSUMEN POTENSIAL KOPI LOKAL KARAWANG ( PREFERENCES OF POTENTIALS CONSUMER OF LOCAL KARAWANG COFFEE)
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v9i2.10191Keywords:
Preferensi, Konsumen Potensial, Kopi LokalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh preferensi konsumen potensial kopi Kosa dan Koffie Hideung agar bisnis kopi dapat mengembangkan produk kopi lokal Karawang dan layanan yang lebih sesuai dengan keinginan konsumen. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden sebanyak 97 orang ditentukan secara purposive sampling yaitu peminum kopi yang terdiri dari pengunjung beberapa coffee shop dan warung kopi tradisional di Karawang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang berisi tentang preferensi responden pada indikator cita rasa dua produk kopi yang diberikan kepada mereka. Analisis data menggunakan Independent Sample Test untuk mengetahui adanya perbedaan preferensi responden pada dua produk kopi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koffie Hideung memiliki unsur lama bertahan di mulut dan unsur keseimbangan rasa yang lebih baik berbeda nyata dengan kopi Kosa.