Main Article Content

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara faktual dan konseptual tentang pengaruh supervisi dan kompetensi terhadap kinerja guru. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi atau survey dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuesioner) terhadap guru SMP Negeri 1 Bekasi. Daftar pertanyaan dibuat secara terstruktur dengan menggunakan Skala Likert. Sampel yang diambil sebanyak 32 responden. Hasil survey dan hasil pengolahan data yang dilakukan dengan SPSS. 19.0 diperoleh hasilhasil penelitian sebagai berikut: (1) Secara simultan supervisi dan kompetensi berpengaruh positif, relatif kuat dan signifikan terhadap Kinerja guru SMP Negeri 1 Bekasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan R-Square sebesar 68%. Kemudian, secara parsial supervisi berpengaruh positif, relatif cukup kuat dan signifikan terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 1 Bekasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan R-Square sebesar 55%. (2) Secara parsial kompetensi berpengaruh positif, relatif kuat dan signifikan terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 1 Bekasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan R-Square sebesar 62% Abstract: This study aims to obtain factual and conceptual information about integration and teacher performance. The technique used is a survey technique using a list of questions (questionnaires) for teachers of SMP Negeri 1 Bekasi. A list of comments is made using a Likert Scale. A sample of 32 respondents. Survey results and data processing results are carried out with SPSS. 19.0 get search results as follows: (1) Simultaneously supervision and positive competence, are relatively strong and significant towards the performance of teachers of SMP Negeri 1 Bekasi. This was recorded with the acquisition of R-Square by 68%. Then, partially positive supervision, relatively strong and significant towards the performance of teachers in SMP Negeri 1 Bekasi. This is by using R-Square by 55%. (2) Partially positive competence, relatively strong and significant to the performance of teachers in SMP Negeri 1 Bekasi. This is by using R-Square by 62% Keywords: Supervision, Competence, Teacher Performance

Article Details

How to Cite
Hidayati, E. (2018). Analisis Pengaruh Supervisi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Bekasi Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v3i1.406

References

  1. DAFTARPUSTAKA
  2. A W. Sturges. 1998. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensio. Bandung. 2004. hal. 147. Algivari. 1997. Pengantar Metode Statistik II. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES. Anwar Prabu Mangkunegara. 2006. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditema. Cet. Ke-10. Bolla 1998. Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara. David C. McClelland. 1997. Testing for Competence rather than Intelligence. New York. Allyn dan Bacon Dede Rosyada. 2004. Paradigma Pendidikan. Demokratis sebuah model perlibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: PT Kencana Dewi Haryati 2007 Pengaruh Diklat Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Pengelola Unit-Unit Program Produktif Studi Kasus Pada Smkn 2 Cikarang Barat. Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Krisnadwipayana. Jakarta Gordon. 1999. Administrasi Pendidikan. Mutiara SumberWidya Gordon. 1999. Pengelolaan Pendidikan Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen. Harun Al Rasyd. 1998. Reliabilitas dan Validitas Pustaka Pelajar. Jogyakarta Hasibuan. 2001. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.. Ivor K. Davies 1987. School Development Series: Improving Education. London: Cassel.
  3. Kennedy P. 1995. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta : CV. Haji Mas Agung. Kutner H. Michael. 2007. Sample Survey Methode and Theory. Vol. I. New York: John Willey & Sons. Inc. Lind. 2002. Korelasi Dan Analisis Regresi Berganda. Nur Cahaya. Moh. Rifai. 1995. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : Jemmars Moh. Uzer. 2003. Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Oteng Sutisna. 1997. Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Jamrsa. Bandung. Pidarta. 1996. Peningkatan Profesionalisasi Jabatan Guru (Makalah). Jakarta: Pusat Informatika Depdikbud. Prabu. A.A Mangkunegara Anwar. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung:PT. Rosdakarya. Purwanto. M. Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Rigdon dan Ferguson . 1991. Sampling Techniques. 2nd. Ed. New York: John Willey & Sons Sergiovanni dan Starrat. 1999. Supervision A Redefinition. New York. McGraw-Hill Inc Siti Salbiah 2008 Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Pada Smkn 2 Cikarang Barat)”. Program Pasca Sarjana Magister Manajemen UniversitasKrisnadwipayana. Jakarta Slovin. 2001. Sampling: A Quick Reliable Guide to Practical Statistics. New Yoek: Simon and Schuster. Spencer. 2001. Strategi Sukses Dalam Karir: Strategis For Career Success. alih bahasa Anna W.Bangun (Jakarta: Elex Media Komputindo). Sudrajat. Ahmad. 2007. Budaya Organisasi Sekolah. Jurnal Journal of Instructional Psycology. Vol. 29. No. 3. 2007 Emporwerment : Teacher Perceptions. Aspirations and Effecasy Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung. Suryo. Subroto. B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta Tilaar. H.A.R.. 1999. Manajemen Pendidikan nasional Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Travers. 2001. Elementary Survey Sampling. New York: Wadsworth Pub. Co.