EVALUASI TINGKAT KUALITAS KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT DIINDONESIA (Narrative Review)
Abstrak
Standar kualitas pelayanan kesehatan yang baik merupakan suatu tingkatan kesempurnaan dalam pelayanan kesehatan, sehingga menimbulkan perasaapuas tersendiri pada diri pasien. Hal ini berarti semakin sempurna kepuasan pada diri pasien maka semakin baik mutu pelayanan kesehatan tersebut. Tujuan dari review ini adalah untuk menentukan tingkatan kepuasan pasien pada pelayanan instalasi farmasi rumah sakit di Indonesia serta mengetahui faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien di instalasi farmasi rumah sakit. . Pada review ini menggunakan narrative review dimana menggunakan artikel atau jurnal yang diterbitkan pada tahun 2014 -2024. Untuk sumber literatur diperoleh dari website Google Scholar dan Pud Med yaitu sebanyak 10 jurnal dan sudah termasuk dalam kriteria inklusi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa keramahan petugas, kecepatan dalam pemberian obat, dan sarana juga prasarana yang nyaman dapat meningkatkan kepuasan pasien. Untuk kesimpulan tingkat kepuasan pasien merupakan cerminan tingkat kepuasan dalam pelayanan kesehatan. Tingkat kepuasan pasien dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya pemberian informasi obat , ketepatan waktu pelayanan pemberian obat , sikap ramah petugas, serta kenyamanan sarana dan prasarana dapat meningkatkan kepuasan pasien. Penilaian kualitas pelayanan kepuasan pasien mencangkup lima dimensi utama diantaranya : bukti fisik ,kehandalan, daya tanggap , jaminan dan empati.
Referensi
AppalayyaMeesala, A., & MeesalaPaul, J. (2018). (2018). Service quality, consumer satisfaction and loyalty in hospitals: Thinking for the future. Journal of Retailing and Consumer Services, 40(October 2015), 261–269. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.10.011
Adiska Lina Arifiyanti, R. D. (2012). Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Ssakit Islam Surabaya Tahun 2016 Adiska. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS Dr. Soetomo, Vol. 3 No. 1, April 2017 : 123-137 Upaya, 20(1), 2010.
Adriansyah, A. A., & Nadatien, I. (2019). Hubungan Waktu Tunggu Dan Sikap Petugas Dengan Kepuasan Pasien Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Surabaya (Rsis) Jemursari. Medical Technology and Public Health Journal, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.33086/mtphj.v3i1.946
Handayany, G. N. (2020). Kualitas Pelayanan Kefarmasian & Kepuasan Pasien. Media Nusa Creative, 89. http://[email protected]
Imelda, Nahrisah, & Ezzah. (2015). Analisis Tingkat Mutu Pelayanan Rawat Inap Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di Rsup Adam Malik Medan (Studi Perbandingan Antara Pasien Umum Dan Pasien Bpjs). Peningkatan Kepuasan Pasien Di Rsup Adam Malik Medan ( Studi Perbandingan Antara Pasien Umum Dan Pasien BPJS ), 3(3), 1–43. http://ojs.amik-labuhanbatu.ac.id
Kawahe, M., Mandagi, C. K. F., Kawatu, P. A. T., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2015). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kefarmasian Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Teling Atas Kota Manado. Pharmacon, 4(4), 261–269. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/pharmacon/article/view/10215
Kesehatan, M. (2016). permenkes no 72 tahun 2016. Permenkes No 72 Tahun 2016, 139–141.
Tlapana, T. P. (2009). Store Layout and Its Impact on Consumer Purchasing Behaviour At Convenience Stores in Kwa Mashu. 1–134.
Utari, P. S., & IRMAN FIRMANSYAH, S. E. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT BHAYANGKARA SETUKPA SUKABUMI (Studi kasus pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhayangakara Setukpa Sukabumi): Manajemen Pemasaran. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 2(2), 60–77 https://journal.stiepasim.ac.id/index.php/JMM/article/view/198
Imas, N.R. dan Wahyuningsih, S.2016. Faktor Pelayanan Kefarmasian Dalam Peningkatan Kepuasan Pasien Di Pelayanan Kesehatan. IJMS – Indonesian Journal On Medical Science. Volume 3, No 1
Irene, D.S. 2009. Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Monika, K.; Chreisye, K. F.; Mandagi; Paul, A.T dan Kawatu. 2015. Hubungan antara Mutu Pelayanan Kefarmasian dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Teling Atas Kota Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi – UNSRAT . Volume 4, No. 4
Sulistyawati, M.; Perdana, N.; Syafar, M.; Amirudin, R.; dan Jafar, N. 2011. Hubungan Kualitas Pelayanan Farmasi Pasien Rawat Jalan Terhadap Kepuasan dan Keputusan Membeli Ulang Obat di IFRS Jala Ammari Makasar. Makassar.
Yunevy, E dan Haksama, S. 2013. Analisis Kepuasan Berdasarkan Persepsi Dan Harapan Pasien Di Puskesmas Medokan Ayu Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. Surabaya.
Manurung, L.P 2010 Analisis Hubungaan Tingkat kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Dengan Minat Pasien Menebus Kembali Resep Obat Di Instalasi Farmasi RSUD Budhi Asih Tahun 2010. Tesis. Universitas Indonesia. Depok
Saragih, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Farmasi terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi RSUD Engku Haji Daud. 23.
Muslim Amin and Siti Zahora Nasharuddin (2012) International Business School, Universiti Teknologi Malaysia (UTM-IBS), Kuala Lumpur, Malaysia Hospital service quality and its effects on patient satisfaction and behavioural intention
Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry, L.L. SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing 4 (1). 2013.
Imran Fahmi Khudair Syed Asif Raza, (2013), ", International Journal of Health Care Quality Assurance, "Measuring patients' satisfaction with pharmaceutical services at a public hospital in QatarVol. 26 Iss 5 pp. 398 - 419 http://dx.doi.org/10.1108/IJHCQA-03-2011-0025
Noemí Martínez-López-de-Castro dkk ( 2011) ,Factors associated with patient satisfaction in an outpatient hospital University of Aberdeen, Aberdeen and c Department of Medicines Management, School of Pharmacy, University of Keele, Keele, UK University of Aberdeen, Health Care Centre, Westburn Road,
Arifiyanti, Rachmad Djamaludin (2016) Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan Soetomo, Vol. 3 No. 1, Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di intalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Surabaya april 2017 : 123-137
Habel Roy Sulo1 (2020) Jurnal Ilmu Kesehatan Sainstech Farma Juli 2020 Hubungan Pemberian Informasi Obat dan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Kota Samarinda Vol 13 No.2,
Agus Aan Adriansyah1, Ima Nadatien,v( 2019) MTPH Journal, edical Technology and Public Health Journal (MTPH Journal) Hubungan Waktu Tunggu dan Sikap Petugas dengan Kepuasan Apsien Di Instalasi Farmasi RS Islam di Volume 3, No. 1, March 2019
Medi Andriani dkk ( 2022) Journal of Pharmaceutical Education (e-Journal) Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Indonesian Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Langit Golden ; 2 (1): 10 – 20
Lola’ Tulak Rerung Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes (2021) evaluasi kualtas pelayana dan penangan keluhan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Instalsi farmasi RS Elim Rantepoa Volume 12 Nomor 4, Oktober 2021
Nurbaya Mentari Rambe, Arifah Devi fitriani, Razia Begum Suroyo ( 2022) Jurnal Ilmu Psikologi dan Kesehatan Institut Kesehatan Helvetia Medan, Indonesia Faktor yang memengaruhi kepuasan pasien rawat jalan di instalasi farmasi rumah sakit umum imelda pekerja indonesia.
Jesica Theresa Nangaro, Gayatri Citraningtyas, Sri Sudewi , Jurnal Kesehatan Masyarakat
Volume 8 Nomor 2 Mei 2019 Analisa Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhasap kualitas. Pelayanan Obat Di Instalasi Farmasi RSUD LIUN KENDAGE Volume 1 Nomor 2 (2022)
Emir Syah Harahap Zulfendri dkk ( 2022) Universitas Sari Mutiara Indonesia Pengaruh Mutu Universitas Sari Mutiara Indonesia Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Covid 19 di Igd RS Murni Teguh ,Volume 6, Nomor 2, Agustus 2022.
Prafangesta Andi Marta Evi, Dwi Ningsih , Sri Rejeki Handayani ( 2022) J. Islamic Pharm. Online ( Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri ISSN: 2527-6123 Volume 7 (2) 2022; p104-111 DOI: 0.18860/jip.v7i2.17693