Main Article Content

Abstract

Pusdiklat LPP TVRI pada awalnya bernama “TVRI Training Centre” kegiatan pendidikan dan pelatihan dimulai pada tahun 1970. Pada tahun 1970 stasiun-stasiun penyiaran tumbuh dengan pesat sehingga membutuhkan penyediaan tenaga pegawai. Dalam perkembangan secara bertahap penyelenggaraan pelatihan ditangani sendiri oleh tenaga-tenaga Indonesia. Sejalan dengan penyempurnaan struktur organisasi dan tata kerja Departemen Penerangan RI, terhitung sejak tanggal 7 Juni 1970 TVRI Training Centre diubah menjadi Balai Diklat. Dengan terbitnya PP No. 11 Tahun 2005 maka TVRI Training Centre berubah nama menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan. Pusdiklat LPP TVRI setiap tahunnya mengadakan pendidikan dan pelatihan untuk para pegawai. Pusdiklat LPP TVRI dalam melakukan pendaftaran peserta diklat dengan menggunakan sistem konvensional. Untuk menghindari keperluan pencatatan dan kehilangan data maka akan dibangun sistem menggunakan metode yang terkomputerisasi. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah waterfall dengan metode analisanya berupa kualitatif yaitu metode analisis data tanpa menggunakan analisis statistik. Dengan dilakukannya analisis perancangan sistem informasi pendaftaran pada Pusdiklat LPP TVRI maka dampak yang diperoleh dalam penyimpanan data peserta, kesalahan dalam pencatatan dapat terhindari. Adanya sistem informasi pendaftaran calon peserta diklat berbasis online ini dapat mempermudah seluruh pegawai LPP TVRI dalam proses pendaftaran diklat melalui internet

Keywords

Pelatihan, Sistem Informasi, Waterfall

Article Details

References

  1. [1] R. H. Mardhiyah, S. N. F. Aldriani, F. Chitta, and M. R. Zulfikar, “Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia,” vol. 71, no. 1, pp. 63–71, 2021.
  2. [2] B. Nasukah, “Urgensi dan prinsip penerapan pendekatan institusi pendidikan,” J. Tarbiyatuna Vol., vol. 3, pp. 51–81, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3436%0Ahttp://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/download/3436/2579
  3. [3] M. F. Akbar and A. Fauzi, “Implementasi Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru,” Simpatik J. Sist. Inf. dan Inform., vol. 2, no. 1, pp. 40–47, 2022, doi: 10.31294/simpatik.v2i1.1207.
  4. [4] Maydianto and M. R. Ridho, “Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada Cv Powershop,” J. Comasie, vol. 02, pp. 50–59, 2021.
  5. [5] A. D. Agus Dendi, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Sistem Informasi Persediaan Aksesoris Barang Elektronik Berbasis Desktop Pada Warehous PT.Two Win,” Techno Xplore J. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 61–71, 2022, doi: 10.36805/technoxplore.v7i2.2972.
  6. [6] E. Helmud, “OPTIMASI BASIS DATA ORACLE MENGGUNAKAN COMPLEX VIEW STUDI KASUS : PT. BERKAT OPTIMIS SEJAHTERA (PT.BOS) PANGKALPINANG,” Kinabalu, vol. 11, no. 2, pp. 305–322, 2021.
  7. [7] Y. Fauziah, “Metode Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning),” J. Ter., vol. 2, no. 2, pp. 36–43, 2020.
  8. [8] D. M. Situmorang, “Pelatihan Dan Penerapan Sistem Akuntansi Pada BUMDes Di Kabupaten Bengkayang,” Cendekia J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, p. 58, 2020, doi: 10.32503/cendekia.v2i1.953.
  9. [9] Darmanta Sukrianto, “Pemanfaatan Teknologi Sms Gateway Sistem Administrasi Kendaraan Bermotor Pada Pt. Riau Argo Perkasa,” J. Fasilkom, vol. 10, no. 3, pp. 220–227, 2020, doi: 10.37859/jf.v10i3.2311.
  10. [10] N. Hidayatun and H. Murtina, “Computer Science ( CO-SCIENCE ) Sistem Informasi Pendalaman Materi Berbasis Web Pada SMA Cengkareng 1 Menggunakan Model Waterfall,” vol. 3, no. 2, pp. 100–109, 2023.