Pengaruh e-Wom pada Bisnis Online ( Studi pada Mahasiswa UBP Karawang)
DOI:
https://doi.org/10.36805/manajemen.v5i1.970Abstract
Perubahan teknologi yang terus meningkat memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumen. Peran serta media sosial dan pengaruh keluarga memberikan kekuatan dalam menimbulkan niat untuk melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini secara empiris untuk melihat pengaruh media sosial dan Family Influence terhadap eWOM pada mahasiswa UBP Karawang yang sering melakukan pembelian secara online pada Market Place Shopee. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan analisis data menggunakan Path Analysis dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa media sosial, Family Influence, eWOM memiliki kriteria baik dan memiliki hubungan cukup kuat antara media sosial dengan Family Influence. Sedangkan secara simultan media sosial dan Family Influence memiliki kontribusi pengaruh yang lemah. Penelitian ini dapat memberikan sumbangan bagi penelitian selanjutnya untuk meningkatkan pembelian secara online melalui media sosial dan family influence.
Kata Kunci : Media Sosial, Family Influence, e-Wom.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).