COMMUNICATION SKILL PEMANDU LAGU DALAM MELAYANI PELANGGAN KARAOKE “XXX†DI KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.36805/manajemen.v4i2.528Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Communication Skill pemandu lagu dalam melayani pelanggan karaoke “XXX†di Kabupaten Karawang. Penelitian ini membahas tentang kemampuan komunikasi dilihat dari komunikasi verbal, komunikasi non verbal, yang mendasari Communication Skill tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan dramaturgi. Proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitian pada penelitian ini berjumlah 3 orang informan, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, dokumentasi, study kepustakaan dan pencarian data di internet. Uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi beberapa pengujian. Peneliti menggunakan uji credibility (validitas internal) atau uji kepercayaan terhadap hasil penelitian. Uji keabsahan data ini diperlukan untuk menentukan valid atau tidaknya suatu temuan atau data yang dilaporkan peneliti dengan apa yang terjadi sesungguhnya di lapangan. Peningkatan ketekunan, Diskusi dengan teman sejawat, Membercheck. Hasil dari penelitian ini adalah Komunikasi Verbal yang digunakan oleh Pemandu Lagu yaitu : S a l a m Tips untuk menyatakan bonus atau uang tambahan lebih yang diberikan pelanggan untuk pemandu lagu, DiAngetan yaitu untuk menawarkan minuman beralkohol yang biasanya di tawarkan oleh pemandu lagu untuk pelanggannya, Goyang yaitu cara untuk menawarkan atau ajakan untuk berjoget. Itulah istilah – istilah yang di gunakan oleh pemandu lagu dalam berinteraksi atau berkomunikasi dengan pelanggannya. Komunikasi Non Verbal Pemandu Lagu yaitu gestur tubuh sangat penting seperti: Ekspresi Wajah, Kontak Mata, Senyum, Bersalaman. Penampilan fisik. Seperti: Kostum atau Seragam, Penggunaan Make up, Accessories dan Parfum. Kata kunci : Komunikasi Verbal, Komunikasi Non VerbalDownloads
References
DAFTAR PUSTAKA Creswell, John . 1994. Qualitative Inquiry and Research Design, Choosing Among Five Traditions. London : SAGE Publication. Cangara, Hafied. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antar Manusia (Edisi 5). Kharisma Publishing. Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti. Effendy, Onong Uchjana, 2001, Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya Kartika. Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya. Moleong, Lexy J. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Rakhmat, Jalaluddin. 2001. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Sugiono. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung :Alfabeta. Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta. Sobur, Alex. 2013. FilsafatKomunikasi. Bandung :PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).