ANALISIS PELATIHAN MARKETPLACE BAGI PELAKU USAHA KUE DI MASA PANDEMIK COVID-19 DI DESA JATIRAGAS
DOI:
https://doi.org/10.36805/manajemen.v6i1.1202Abstract
Abstrak
Pemanfaatan internet menjadi andalan dalam melakukan pemasaran online melalui media sosial, jasa pengiklanan, toko online, dan masih banyak lainnya. Terutama dimasa pandemik seperti ini dimana pembatasan sosial diberlakukan untuk memutus rantai covid-19 sehingga aktivitas jual beli secara online melalui marketplace dapat memudahkan dalam bertransaksi. Pemasaran online merupakan pendukung sebuah konsep pemasaran modern. Konsep tersebut berupa segala macam bentuk promosi dan penjualan produk atau jasa melalui internet. Tujuan pelaksanaan pelatihan kegiatan untuk memberikan ide, dan gagasan sebagai upaya meningkatkan pemasaran dengan metode pemasaran online melalui marketplace.
Metode yang dilakukan penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi pada saat kegiatan tersebut dengan berdiskusi dengan perwakilan perangkat desa Jatiragas dan tim KKN desa Jatiragas. Analisis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk memberikan gambaran secara umum atas pelaksanaan pelatihan marketplace bagi pelaku usaha keu di desa Jatiragas.
Hasil dan Pembahasan yaitu Desa Jatiragas memiliki potensi dari berbagai aspek, salah satunya adalah potensi ekonomi dalam pembuatan kue. Kurangnya pengetahuan pemanfaatan teknologi, pemasaran Kue dilakukan melalui word of mouth (dari mulut ke mulut) dan pemasaran melalui whatsapp, sehingga membuat cakupan pemasaran Kue belum mencakup luas. Untuk pengembangan pemasaran kue desa Jatiragas dapat dilakukan dengan menggunakan metode pemasaran online melalui pemanfaatan teknologi yakni dengan memanfaatkan e-commerce seperti marketplace pada aplikasi shopee, lazada, tokopedia, blibli, dan sebagainya sedangkan pelaksanaan pelatihan tersebut menggunakan metode diskusi dan metode peragaan atau contoh sehingga pelaku usaha dapat mengakses marketplace tersebut.
Kata Kunci : Analisis Pelatihan, dan marketplace,
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).