EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN DIABETES MELITUS TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI PUSKESMAS KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.36805/jpx.v7i2.2918Kata Kunci:
Kepuasan, Pelayanan informasi obat (PIO), PuskesmasAbstrak
Pelayanan informasi obat merupakan salah satu bagian dari pelayanan kefarmasian Pemberian informasi obat yang tepat dan lengkap dapat mendukung pemberian pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat karena dapat meningkatkan efikasi dan keamanaan penggunaan obat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informassi obat di Puskesmas Karawang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan rancangan cross sectional, untuk menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat DM di Puskesmas Karawang, Jumlah sampel sebesar 176 pasien. Hasil pada penelitian ini sebagian besar pasien merasakn sangat puas terhadap pelayanan informasi obat yang diberikan oleh petugas kefarmasian di Puskesmas.
Referensi
Arania, R, Triwahyuni, T, Esfandiari F, Nugraha, F.R. Hubungan Antara Usia, Jenis Kelamin, Dan Tingkat Pendidikan Dengan Kejadian Diabetes Mellitus Di Klinik Mardi Waluyo Lampung Tengah. Jurnal Medika Malahayati. 2021, 5(3): 146-153.
Chaudhury, A, Duvoor, C, Dendi, V.S.R, Kraleti, S, Chada, A, Ravilla, R, et al. Clinical Review of Antidiabetic Drugs: Implications for Type 2 Diabetes Mellitus Management’, Frontiers in Endocrinology. 2017, 8(6): 1-12.
Ekadipta, E, Sadikin, M,. dan Yusuf, M.R. Kualitas Pemberian Informasi Obat pada Pelayanan Resep Berdasarkan Kepuasan Pasien BPJS Puskesmas Kecamatan Cilandak. PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia. 2019, 16(2): 244.
Hanafi, N. Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Cara Penyimpanan Obat Yang Baik Dan Benar Di Rw 04 Dusun Tunggul Desa Tunggul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Jurnal Surya. 2020, 1(1): 1689-1699.
IDF. Worldwide Estimates of Incidence, Prevalence And Mortality of Type 1 Diabetes in Children and Adolescents: Results from the International Diabetes Federation Diabetes Atlas, 9th edition, Diabetes Research and Clinical Practice, 2019, 157: 107842.
Listiana, O., Nori, W., dan Maiyulis. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pemberian Informasi Obat (PIO) Diinstalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Curup Rejang Lebong. Jurnal Vokasi Keperawatan. 2020, 2(2): 133-140.
Milita, F., Handayani, S., dan Setiaji, B. Kejadian Diabetes Mellitus Tipe II pada Lanjut Usia di Indonesia (Analisis Riskesdas 2018 ). Jurnal Kedokteran dan Kesehatan. 2021, 17(1): 9-20.
Priyanto, A., Hasanmihardja, M., dan Setiawan, D. Pelaksanaan penyimpanan obat dan pelayanan informasi obat kepada pasien di puskesmas di Kota Purwokerto. Pharmacy. 2010, 7(03): 93-106.
Riskesdas. 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian RI tahun 2018. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf - Diakses Oktober 2022.
Rodríguez-Gutiérrez, R., dan Montori, V. M. Glycemic control for patients with type 2 diabetes mellitus: Our evolving faith in the face of evidence. Circulation: Cardiovascular Quality and Outcomes, 2016, 9(5): 504-512.
Sinala, S., Salim, H., dan Ardilla, N.R. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayan Obat Di Puskesmas Baraka Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Media Farmasi. 2018, 14(1): 45-52.
Sorena, E., Slamet, S., dan Margaret, M. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat (PIO) Di Puskesmas Kandang Kota Bengkulu. Mitra Raflesia (Journal of Health Science), 2020, 12(2): 278-289.
Verhulst, M.J.L, Loos, B.G, Gerdes, V.E.A, Teeuw, W.J. ‘Evaluating all potential oral complications of diabetes mellitus’, Frontiers in Endocrinology, 2019, 18(10): 1-49.
Yulianto, Y, Kartini, K, Pranoto, A, Aditama, L, Tjandrawinata, R. Pemantauan Efek Samping Obat Kombinasi Antidiabetes dan Fitofarmaka “X” Pada Pasien DM Tipe-2 di Komunitas’, Jurnal Farmasi Galenika. 2019, 6(3): 187-201.
Zulfiah, Z. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat Hipertensi (Amlodipine 5 Mg) Di Klinik Nur Ichsan Tahun 2019. Jurnal Farmasi Sandi Karsa. 2019, 5(2): 105–109.