PENGARUH METODE MIND MAPPING DENGAN APLIKASI IMINDMAP DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN SEBAGAI BENTUK KARAKTER PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 PEDES

Authors

  • Nurhaeni Nurhaeni Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Januar Ibnu Adham Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Sutri Sutri Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36805/civics.v4i1.994

Abstract

Tulisan ini membahas mengenai pengaruh metode mind mapping  dengan aplikasi imindmap dalam pembelajaran membaca cerpen pada kelas XI SMA Negeri 1 Pedes. Metode mind mapping merupakan suatu metode yang mempelajari konsep mengingat sesuatu yang dituangkan dalam bentuk kode, gambar, dan warna yang saling berhubungan. Aplikasi imindmap merupakan salah satu aplikasi untuk membuat peta konsep. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode mind mapping dengan aplikasi imindmap dalam pembelajaran membaca cerpen dan membentuk karakter membaca peserta didik (2) Hasil penerapan metode mind mapping dengan aplikasi imindmap dalam menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design.  Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pedes yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-03-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH METODE MIND MAPPING DENGAN APLIKASI IMINDMAP DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN SEBAGAI BENTUK KARAKTER PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 PEDES. (2019). CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 25-35. https://doi.org/10.36805/civics.v4i1.994