METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA SAMA MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.36805/civics.v9i2.8262Abstract
Mahasiswa aktif akan selalu dominan dalam pembelajaran. Namun hal itu tidak dilakukan oleh seluruh anggota kolompok. Mahasiswa yang cenderung kurang aktif kurang mendapatkan kesempatan yang sama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui deskripsi peningkatan kerjasama mahasiswa melalui metode Jigsaw pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode penelitian,yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitiannya Model Pembelajaran Jigsaw merupakan strategi pembelajaran kooperatif yang membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil yang beragam. Terdiri dari empat hingga lima orang. Kelompok peserta didik dengan berbagai jenis kelamin, suku, ras, agama, dan gaya belajar dikenal dengan kelompok heterogen. Setiap siswa bertugas menguasai sebagian materi pelajaran dan memenuhi syarat untuk mengajar peserta lain pada bagian tersebut.