Pengaruh pembelajaran PPKn terhadap pembentukan karakter gotong royong pada siswa kelas X SMK Karya Bhakti 4
DOI:
https://doi.org/10.36805/civics.v9i1.7967Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) terhadap pembentukan karakter gotong royong pada siswa kelas X di SMK Karya Bhakti 4. Pendidikan PPKn di Indonesia berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila, termasuk gotong royong, yang merupakan aspek krusial dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experimental). Sampel penelitian terdiri dari 50 siswa kelas X di SMK Karya Bhakti 4, dan data dikumpulkan melalui kuesioner.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pembelajaran PPKn dan karakter gotong royong, dengan koefisien korelasi Pearson sebesar 0,428 dan nilai p sebesar 0,002. Analisis regresi linear sederhana mengungkapkan bahwa variabel pembelajaran PPKn berpengaruh signifikan terhadap karakter gotong royong siswa, meskipun dengan kekuatan penjelasan sebesar 18,3%. Uji linearitas menunjukkan bahwa hubungan antara variabel independen dan dependen bersifat linier tanpa deviasi signifikan. Kesimpulannya, pembelajaran PPKn memberikan pengaruh positif terhadap pembentukan karakter gotong royong pada siswa kelas X di SMK Karya Bhakti 4, tetapi kontribusinya terbatas pada 18,3% dari variabilitas karakter gotong royong. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum PPKn yang lebih terintegrasi untuk meningkatkan dampak pembelajaran terhadap karakter siswa.