BUILDING TEACHER INTEGRITY: LITERATURE STUDY ON THE INFLUENCE OF TEACHER PROFESSIONAL ETHICS ON EDUCATION QUALITY
DOI:
https://doi.org/10.36805/civics.v9i2.7506Abstract
Kualitas pendidikan adalah pilar utama kemajuan bangsa, dengan guru yang berintegritas sebagai faktor kunci dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas. Namun, banyak tantangan dalam penerapan etika guru yang berdampak pada kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh etika profesi guru terhadap mutu pendidikan dan bagaimana integritas guru mempengaruhi proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka, di mana data dikumpulkan dari berbagai literatur, buku, jurnal, dan penelitian sebelumnya. Analisis dilakukan secara kritis untuk mendukung proposisi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berintegritas yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral seperti kejujuran dan tanggung jawab mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, meningkatkan motivasi belajar siswa, dan memperbaiki iklim sekolah. Tantangan utama dalam penerapan etika profesi antara lain tekanan kerja yang tinggi dan kurangnya dukungan lingkungan kerja. Upaya sistematis dan berkelanjutan diperlukan melalui pendidikan etika yang efektif, pelatihan berkelanjutan, dan pengawasan ketat. Dukungan dari pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat sangat penting untuk mengembangkan integritas guru dan meningkatkan kualitas pendidikan