Kompetensi Pemahaman Mahasiswa dalam Menganalisa Informasi Melalui Media Sosial Tiktok Berdasarkan Berita Fakta dan Hoaks Sebagai Kecerdasan Digital
DOI:
https://doi.org/10.36805/civics.v9i1.7193Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa dalam menganalisa informasi melaui media sosial tiktok berdasarkann berita fakta dan hoaks sebagai kecerdasan digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Universitas Negeri Medan. Sampelnya sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa di Universitas Negeri Medan Menggunakan berbagai metode dalam menganalisa informasi yang mereka dapat seperti membaca kolom komentar, mencari informasi tambahan dari sumber-sumber terpercaya, dan melakukan pengecekan tambahan melalui search engine. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa sudah cukup baik dalam memahami dan menganalisa informasi fakta atau hoaks dimedia sosial tiktok.