IMPLEMENTASI BUDAYA ISLAMI SEBAGAI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MLATI
DOI:
https://doi.org/10.36805/civics.v8i1.5344Abstrak
Misi SMP Muhammadiyah 1 Mlati yaitu “membentuk warga sekolah menjadi sekolah muslim berkarakter Qurani dan berkarakter Pelajar Pancasila”. Misi tersebut relevan dengan Profil Pelajar Pancasila yang pertama yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah tersebut yaitu melalui implementasi Budaya Islami dalam berpakaian islami, membaca Al-Quran, shalat berjamaah, menebar ukhuwah, kegiatan yang berbasis islam ini sudah menjadi kegiatan rutin di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Budaya Islami sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Muhammadiyah 1 Mlati. Namun, masih ditemukan beberapa siswa yang belum mampu membaca Al-Quran dan iqro serta masih ditemukan siswa yang tidak melaksanakan Budaya Islami dalam menebar ukhuwah senyum, salam, sapa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Subjek penelitian yaitu Wakil kurikulum, guru, dan siswa. Objek penelitian ini Implementasi Budaya Islami sebagai penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Muhammadiyah 1 Mlati. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Implementasi membaca Al-Quran dan iqro dilakukan setiap hari tetapi sekolah belum memiliki target capaian untuk membaca Al-Quran dan iqro, implementasi menebar ukhuwah dilaksanakan pagi hari dan hanya sebatas senyum, salam, sapa antara guru dan siswa.