Respon Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbasis Transfer Nilai Pancasila

Authors

  • Yayuk Hidayah Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36805/civics.v6i2.1808

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek yang dikenal dengan istilah Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan mencipta produk sangat tepat digunakan untuk mahasiswa. Pembelajaran ini juga dapat diadaptasi untuk melatih mahasiswa meningkatkan keterampilan menulis bahan ajar yang mengerucut pada masalah yang ada di dalam kelas. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis respon mahasiswa calon guru SD dalam pembelajaran menggunakan model PjBL berbasis transfer of value nilai-nilai Pancasila dalam meningkatkan keterampilan menulis bahan ajar PKn Calon Guru SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan instrumen berupa lembar angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuntitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru yang mengontrak mata kuliah Pembelajaran PKn di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Cirebon. Hasil penelitian menujukan  bahwa Respon calon guru SD terhadap pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat dilihat dari hasil angket mahasiswa calon guru yang menunjukkan nilai rata-rata 3,3 dengan kategori respon yang sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Respon Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbasis Transfer Nilai Pancasila. (2023). CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 213-221. https://doi.org/10.36805/civics.v6i2.1808