Penerapan model problem based learning (PBL) untuk menumbuhkan kreativitas belajar dalam mata pelajaran PPKn

  • YayintaMaharani Puspita Putri PPKn, Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yogi Nugraha PPKn, Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Tridays Repelita PPKn, Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Penelitian ini untuk mengkaji apakah penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk menumbuhkan kreativitas belajar dalam mata pelajaran PPKn di kelas X Akuntansi 4 SMKN 2 Karawang. Penelitian ini mengkaji apakah model PBL dapat menumbuhkan kreativitas belajar dalam pelajaran PPKn. Pendekatan menggunkan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument wawancara secara daring menggunaka google from. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru PPKn di kelas X Akuntansi 4, 1 orang guru PPKn kelas XI, 4 siswa kelas X Akuntansi 4 di SMKN 2 Karawang. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukan bahwa model PBL dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas belajar dalam mata pelajaran PPKn di kelas X Akuntansi 4. Model PBL ini menjadikan siswa lebih kreatif, aktif, dan berani menyampaikan gagasannya dalam berdiskusi kelompok belajar dimana siswa mempersentasikan hasil diskusi menggunakan slide power point yang kreatif.

Published
2020-07-30
Section
Articles