MANAJEMEN MEDIA TIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 5 KARAWANG

Authors

  • Hari Alih Hansyah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Hanafiah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Faiz Karim Fatkhullah Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v9i1.8201

Keywords:

Media TIK, Pembelajran PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pembelajaran berbasis digital sebagai upaya meningkatkan mutu pembelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif berjenis studi eksploratif untuk mengungkap fenomena-fenomena kontemporer kemudian dieksplor dan diidentifikasi. Data yang dikumpulkan berasal dari data primer melalui wawancara, dan observasi di SMAN 5 Karawang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sarana prasarana pembelajaran berbasis digital dalam menunjang pembelajaran PAI di sekolah terdiri dari wifi, seperangkat komputer atau laptop, layar interaktif, dan cctv. Sementara proses pembelajaran PAI dapat dilaksanakan secara digital di ruang kelas maupun laboratorium komputer mulai dari fase perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini berimplikasi pada pentingnya penggunaan teknologi informasi terhadap peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Published

2024-11-19

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)