PENDEKATAN (CRT) CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DENGAN PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X.7 SMAN 6 TAMBUN SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v9i1.8199Keywords:
Pendekatan,(CRT), Asmaul Husna, Karakter, Hasil BelajarAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa peserta didik telah dibuktikan dengan adanya perolehan hasil pretes pada materi Pendidikan agama Islam dari 37 peserta didik kelas X.7 SMAN 6 Tambun Selatan. Berdasarkan hasil pretes peserta didik, diperoleh nilai ketuntasan klasikal sebanyak 13 siswa atau 35,13% yang berhasil mencapai nilai KKM. Dan siswa yang belum mencapai target kriteria baik sebanyak 24 siswa atau 64,86%. Adapun nilai KKTP sebesar 75. Melihat pernyataan ini dapat dikatakan bahwa persoalan di atas penulis tertarik untuk meneliti dan menguji sejauh mana hasil belajar siswa melalui pendekatan CRT dengan pembiasaan membaca asmaul husna. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMAN 6 Tambun Selatan Kelas X.7. Penelitian dilaksanakan bulan Februari 2024 sampai Mei 2024. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada pra siklus menunjukkan hasil belajar siswa secara klasikal 35,13% dengan kategori “sangat rendah”, pada siklus I memiliki persentase 64,86% kategori tinggi, sedangka
pada siklus II persentase secara klasikalnya 100% kategori “sangat tinggi”. Pada siklus I siswa pada siklus I secara klasikal 74,70% dengan kategori “baik” dan pada siklus II persentasenya menjadi 100% dan kategorinya “sangat baik”. Selain persentase keaktifan peserta didik, maka yang akan disimpulkan juga adalah hasil belajar peserta didik. Hasil evaluasi siklus II diketahui Persentase siswa mendapat nilai ≥75 mencapai (100%) dengan rata–rata nilai terakhir peserta didik mencapai (86,25) yang sebelumnya pada pra siklus diketahui Persentase siswa mendapat nilai ≥75 mencapai (35,13% ) dengan rata-rata nilai tes akhir peserta didik mencapai (68,36) dan pada siklus I Persentase siswa mendapat nilai ≥75 mencapai (64,86%) dengan rata-rata nilai tes akhir peserta didik (74,06). Dapat disimpulkan bahwa pendekatan CRT dengan pembiasaan
membaca asmaul husna dapat diterapkan pada materi Pendidikan agama Islam dan dapat meningkatkan hasil belajar di kelas X.7 Semester II SMAN 6 Tambun Selatan Tahun Ajaran 2023/2024.