HOW SUSTAINABLE MARKETING ACTIVITIES AFFECTS PURCHASE INTENTION: INTERVENING BY ELECTRONIC WORLD OF MOUTH
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v8i2.7248Keywords:
sustainable marketing activities; electronic word of mouth; purchase intentionAbstract
Sustainable marketing activities menjadi sorotan pada masa kini karena meningkatnya kesadaran terhadap lingkungan bagi konsumen dan pelaku bisnis, yang nantinya akan berpengaruh pada minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sustainable marketing activities terhadap purchase intention dan electronic word of mouth sebagai intervening. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang dianalisis adalah konsumen The Body Shop di Bandung yang mengetahui campaign #BringBackOurBottles. Sampel yang dianalisis sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan bantuan software SMARTPLS 3.0 menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan Partial Least Square (PLS). Ditemukan bahwa sustainable marketing activities berpengaruh signifikan terhadap
purchase intention dengan besaran pengaruh tinggi, lalu sustainable marketing activities terhadap electronic word of mouth berpengaruh signifikan dengan besaran pengaruh tinggi, dan electronic word of mouth terhadap purchase intention berpengaruh signifikan dengan besaran pengaruh tinggi. Dalam memediasi, electronic word of mouth tergolong berperan moderat atau sedang sebagai variabel intervening.