PENINGKATAN KUALITAS PRODUK DAN HARGA UMKM SOTO AYAM SURABAYA “CAK NOER” KARAWANG

Authors

  • Mawa Syahputri Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Aura Aulia Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Santi Pertiwi Hari Sandi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dwi Epty Hidayaty Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v7i2.5377

Keywords:

kualitas produk, harga, kepuasan konsumen

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah atau biasa disebut UMKM adalah kegiatan yang menjadi
salah satu sumber kekuatan ekonomi negara. Tujuan dari kegiatan observasi ini adalah untuk
mengetahui kualitas produk yang dijual dan harga yang ditawarkan oleh usaha Soto Ayam
Surabaya Cak Noer. Metode kegiatan observasi ini menggunakan metode deskriptif observatif
yang diambil melalui pendapat subjek saat melakukan observasi. Data primer diperoleh melalui
wawancara dan observasi langsung kepada para pemilik usaha, dan data sekunder dari penelitian
ini didapatkan dari artikel maupun buku yang berkaitan dengan judul penelitian. Hasil kunjungan
menunjukkan bahwa Soto Ayam Surabaya Cak Noer dapat mempertahankan serta meningkatkan
kepuasan konsumen. Kualitas produk yang diproduksi oleh soto ayam ini cukup terbilang baik
karena bahan-bahan yang digunakan langsung dari pasar dan harga yang cukup terjangkau untuk
setiap menunya. Soto Ayam Surabaya Cak Noer dapat menambah menu selain soto ayam
sehingga memiliki beberapa variasi menu yang dapat dibeli oleh konsumennya. Soto Ayam Cak
Noer juga dapat mencoba untuk membuka bisnis media online seperti Go Food atau Grab Food
agar dapat meningkatkan minat beli konsumen.

Additional Files

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)