PENGARUH MOTIVASI LINGKUNGAN DAN DISIPLIN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG

Authors

  • Alifya Nurzehan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Realitawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ipah Saripah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sururi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v7i2.5372

Keywords:

Motivasi, Lingkungan, Disiplin, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar
mahasiswa, (2) pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar mahasiswa (3) pengaruh
lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar mahasiswa (4) pengaruh secara simultan motivasi
belajar, disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode
yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantatif bersifat deskriptif dengan cara menyebar
angket kepada mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Buana Perjuangan
Karawang dipadukan dengan beberapa teori. Hasil dari penelitian ini akan menunjukkan seberapa
besar pengaruh antara motivasi belajar, lingkungan belajar, disiplin belajar dengan terhadap hasil
belajar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap
hasil belajar mahasiswa sebesar 2.286 sedangkan dengan nilai t table= 1.677. Maka nilai t hitung > t
table yaitu sebesar 2.286 > 1.677

Additional Files

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)