PENGARUH MOTIVASI LINGKUNGAN DAN DISIPLIN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar
mahasiswa, (2) pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar mahasiswa (3) pengaruh
lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar mahasiswa (4) pengaruh secara simultan motivasi
belajar, disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode
yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantatif bersifat deskriptif dengan cara menyebar
angket kepada mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Buana Perjuangan
Karawang dipadukan dengan beberapa teori. Hasil dari penelitian ini akan menunjukkan seberapa
besar pengaruh antara motivasi belajar, lingkungan belajar, disiplin belajar dengan terhadap hasil
belajar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap
hasil belajar mahasiswa sebesar 2.286 sedangkan dengan nilai t table= 1.677. Maka nilai t hitung > t
table yaitu sebesar 2.286 > 1.677
References
terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas xi ips sma negeri 1 sewon bantul tahun
ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1).
Daryanti, M. S. (2016). Hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal
Kebidanan dan Keperawatan, 12(1), 85-89.
Gani, M. A. (2018). Pengaruh Disiplin Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar
Mahasiswa Akademi Maritim Cirebon. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(2),
82-93.
Khairinal, K., Kohar, F., & Fitmilina, D. (2020). Pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, dan
lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas XI IPS SMAN
Titian Teras. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 379-387.