PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v7i2.5357Keywords:
Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi kinerja, Tingkat Kesejahteraan, Kinerja Tenaga KependidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja, tingkat kesejahteraan
terhadap kinerja tenaga kependidikan di Universitas Buana Perjuangan Karawang. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Responden dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Dari hasil penelitian dan analisa bahwa
Kepemimpinan, Motivasi, Kesejahteraan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja tenaga
kependidikan baik secara parsial maupun secara simultan. Namun demikian, dari ketiga variabel tersebut
terdapat satu variabel yang memiliki pengaruh secara signifikan, yaitu Motivasi. Teori motivasi yang
menjadi dasar dalam penelitian ini, diambil dari teori motivasi Maslow berdasarkan lima kebutuhan hirarki
yang harus dipenuhi oleh karyawan antara lain kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman, kebutuhan
sosial, kebutuhan penghargaan dan aktualisasi diri. Dilihat dari besaran presentase hasil penelitian pada
variabel Motivasi sangat berpengaruh terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan di Universitas Buana
Perjuangan Karawang, yang berarti kelima kebutuhan tersebut sudah terpenuhi bagi Tenaga Kependidikan
di Universitas Buana Perjuangan Karawang.