PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN

Authors

  • Regina Mega Pratiwi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dahliana Asry Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prajna Hewu Wau Pamalungan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sururi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v7i2.5357

Keywords:

Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi kinerja, Tingkat Kesejahteraan, Kinerja Tenaga Kependidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja, tingkat kesejahteraan
terhadap kinerja tenaga kependidikan di Universitas Buana Perjuangan Karawang. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Responden dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Dari hasil penelitian dan analisa bahwa
Kepemimpinan, Motivasi, Kesejahteraan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja tenaga
kependidikan baik secara parsial maupun secara simultan. Namun demikian, dari ketiga variabel tersebut
terdapat satu variabel yang memiliki pengaruh secara signifikan, yaitu Motivasi. Teori motivasi yang
menjadi dasar dalam penelitian ini, diambil dari teori motivasi Maslow berdasarkan lima kebutuhan hirarki
yang harus dipenuhi oleh karyawan antara lain kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman, kebutuhan
sosial, kebutuhan penghargaan dan aktualisasi diri. Dilihat dari besaran presentase hasil penelitian pada
variabel Motivasi sangat berpengaruh terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan di Universitas Buana
Perjuangan Karawang, yang berarti kelima kebutuhan tersebut sudah terpenuhi bagi Tenaga Kependidikan
di Universitas Buana Perjuangan Karawang.

Additional Files

Published

2023-05-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)