PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENGENALKAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.36805/ber19182Keywords:
pembelajaran aktif, pecahan, penelitian tindakan kelas, siswa kelas IV, matematika.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan metode pembelajaran aktif dalam mengenalkan konsep pecahan kepada siswa kelas IV SDN Cintawargi 1 Kabupaten Karawang. Metode yang diterapkan meliputi kegiatan diskusi kelompok, permainan kartu pecahan, dan penggunaan alat peraga sederhana, yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan dan minat siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan. Hal ini terbukti dari peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yang meningkat dari 34,6% sebelum penerapan menjadi 76,9% setelah penerapan metode tersebut. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan media dan waktu pembelajaran, masalah ini dapat diatasi dengan pemanfaatan media sederhana dan perencanaan pembelajaran yang fleksibel. Kreativitas guru dalam menyusun dan memfasilitasi kegiatan aktif sangat berperan dalam keberhasilan penerapan metode ini. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran aktif merupakan strategi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, khususnya materi pecahan, di sekolah dasar, meskipun dengan keterbatasan fasilitas.References
Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active learning: Creating excitement in the classroom.
ASHE-ERIC Higher Education Report No. 1.
Bruner, J. S. (1960). The Process of Education. Harvard University Press.
Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang. (2023). Laporan Evaluasi Pembelajaran Matematika
Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2022/2023. Karawang: Dinas Pendidikan.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement vs traditional methods: A six-thousand-student
survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal ofPhysics, 66(1), 64–74.
Murniati, S., & Triwiyanto, T. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep
Pecahan pada Matematika Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Matematika.
Prasetyo, H. (2021). Efektivitas Model Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Pecahan
Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 8(2), 89–96.
Ramadhani, L., & Setiawan, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui
Pembelajaran Aktif dengan Permainan Edukatif. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains,
6(1), 23–30.
Rahmawati, A., & Sumarni, S. (2020). Penerapan diskusi kelompok dalam meningkatkan
pemahaman konsep pecahan siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 103–110.
Rahmawati, R., & Haryanto, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran dengan Media Permainan
Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran
Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed.). McGraw-Hill.
Silberman, M. (2006). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka
Insan Madani.
Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice (8th ed.). Boston: Pearson
Education.
Suparno, P. (2014). Teori Konstruktivistik: Landasan Filosofis dan Teoritis dalam
Pembelajaran. Jakarta: Universitas Sanata Dharma.
Sutarto, S. (2019). Pengaruh penggunaan media konkret terhadap pemahaman konsep pecahan
siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 22–30.
Susanto, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil
Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Suherman, E. (2013). Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Trianto, W. (2011). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasi.
Jakarta: Kencana
Van de Walle, J. A. (2008). Elementary and Middle School Mathematics: Teaching
Developmentally (6th ed.). Pearson Education
Wahyudi, H. (2019). Pengaruh Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Aktif terhadap
Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar.
Yulianti, D. (2021). Meningkatkan pemahaman konsep pecahan melalui permainan kartu pecahan di kelas IV SD. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1), 88–96.
Zull, J. E. (2002). The Art of Changing the Brain: Enriching the Practice of Teaching by
Exploring the Biology of Learning. Stylus Publishing.