PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENGENALKAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fitria Nurapriani Universitas Buana Perjuangan Karawang image/svg+xml
  • Santi Arum Puspita Lestari Universitas Buana Perjuangan Karawang image/svg+xml
  • Dwi Sulistya Kusumanigrum Universitas Buana Perjuangan Karawang image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.36805/ber19182

Keywords:

pembelajaran aktif, pecahan, penelitian tindakan kelas, siswa kelas IV, matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan metode pembelajaran aktif dalam mengenalkan konsep pecahan kepada siswa kelas IV SDN Cintawargi 1 Kabupaten Karawang. Metode yang diterapkan meliputi kegiatan diskusi kelompok, permainan kartu pecahan, dan penggunaan alat peraga sederhana, yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan dan minat siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan. Hal ini terbukti dari peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yang meningkat dari 34,6% sebelum penerapan menjadi 76,9% setelah penerapan metode tersebut. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan media dan waktu pembelajaran, masalah ini dapat diatasi dengan pemanfaatan media sederhana dan perencanaan pembelajaran yang fleksibel. Kreativitas guru dalam menyusun dan memfasilitasi kegiatan aktif sangat berperan dalam keberhasilan penerapan metode ini. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran aktif merupakan strategi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, khususnya materi pecahan, di sekolah dasar, meskipun dengan keterbatasan fasilitas.

References

Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active learning: Creating excitement in the classroom.

ASHE-ERIC Higher Education Report No. 1.

Bruner, J. S. (1960). The Process of Education. Harvard University Press.

Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang. (2023). Laporan Evaluasi Pembelajaran Matematika

Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2022/2023. Karawang: Dinas Pendidikan.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement vs traditional methods: A six-thousand-student

survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal ofPhysics, 66(1), 64–74.

Murniati, S., & Triwiyanto, T. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep

Pecahan pada Matematika Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Matematika.

Prasetyo, H. (2021). Efektivitas Model Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Pecahan

Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 8(2), 89–96.

Ramadhani, L., & Setiawan, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui

Pembelajaran Aktif dengan Permainan Edukatif. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains,

6(1), 23–30.

Rahmawati, A., & Sumarni, S. (2020). Penerapan diskusi kelompok dalam meningkatkan

pemahaman konsep pecahan siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 103–110.

Rahmawati, R., & Haryanto, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran dengan Media Permainan

Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran

Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed.). McGraw-Hill.

Silberman, M. (2006). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka

Insan Madani.

Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice (8th ed.). Boston: Pearson

Education.

Suparno, P. (2014). Teori Konstruktivistik: Landasan Filosofis dan Teoritis dalam

Pembelajaran. Jakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sutarto, S. (2019). Pengaruh penggunaan media konkret terhadap pemahaman konsep pecahan

siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 22–30.

Susanto, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil

Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Suherman, E. (2013). Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Trianto, W. (2011). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasi.

Jakarta: Kencana

Van de Walle, J. A. (2008). Elementary and Middle School Mathematics: Teaching

Developmentally (6th ed.). Pearson Education

Wahyudi, H. (2019). Pengaruh Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Aktif terhadap

Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar.

Yulianti, D. (2021). Meningkatkan pemahaman konsep pecahan melalui permainan kartu pecahan di kelas IV SD. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1), 88–96.

Zull, J. E. (2002). The Art of Changing the Brain: Enriching the Practice of Teaching by

Exploring the Biology of Learning. Stylus Publishing.

Downloads

Published

2025-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)