AKTIVITAS METAKOGNISI MAHASISWA SISTEM INFORMASI DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN PERBEDAAN GENDER
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v9i2.10211Keywords:
Aktivitas Metakognisi, Mahasiswa Sistem InformasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis aktivitas metakognisi mahasiswa Sistem Informasi dalam penyelesaian masalah matematika dengan mempertimbangkan perbedaan gender. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman tentang bagaimana mahasiswa pria dan wanita menggunakan metakognisi dalam memecahkan masalah matematika, yang dapat memengaruhi hasil belajar mereka. Berdasarkan literatur yang ada, metode pemecahan masalah matematika yang melibatkan metakognisi
mencakup tiga aspek utama: perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Strategi-metakognisi ini memungkinkan mahasiswa untuk lebih reflektif dan terorganisir dalam menghadapi masalah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui tes matematika, kuesioner metakognisi, dan wawancara. Hasil yang diharapkan adalah
untuk mengetahui perbedaan aktivitas metakognisi antara mahasiswa pria dan wanita dalam penyelesaian masalah matematika serta dampaknya terhadap ketepatan dan efisiensi dalam
menyelesaikan soal. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan baru dalam strategi pembelajaran yang dapat mengakomodasi perbedaan gender dan meningkatkan keterampilan
metakognitif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika