DAMPAK LITERASI KEUANGAN, KONTROL DIRI DAN PENGGUNAAN E - MONEY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Authors

  • Fatin Tri Juniarti Tulie Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negerti Gorontalo
  • Niswatin Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo
  • Mahdalena Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.36805/akuntansi.v9i1.6652

Abstract

 

ABSTRACT

This research aims to determine the impact of financial literacy, self-control, and the use of e-money on consumer behavior among accounting students at Gorontalo State University, both partially and simultaneously. This research uses quantitative research methods. The data source used in this research is primary data obtained from a questionnaire distributed to the population in this research, namely all students majoring in accounting at Gorontalo State University. The results of the research show that partially financial literacy and the use of e-money have a positive and significant effect on the consumptive behavior of students majoring in accounting at Gorontalo State University, however, self-control does not have a positive but significant effect on the consumptive behavior of students majoring in accounting at Gorontalo State University. Simultaneously, financial literacy, self-control and the use of e-money have a positive and significant effect on the consumptive behavior of students majoring in accounting at Gorontalo State University with a determinant value of 33.6% while the remaining 66.4% is explained by other variables not examined in this research.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak literasi keuangan, kontrol diri, dan penggunaan e-money terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Gorontalo baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa jurusan akuntansi di Universitas Negeri Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Literasi keuangan dan penggunaan e-money berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Negeri Gorontalo, namun untuk Kontrol diri tidak berpengaruh positif namun signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Negeri Gorontalo. Secara simultan Literasi keuangan, kontrol diri, dan penggunaan e-money berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Negeri Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 33,6 % sedangkan sisanya sebesar 66,4.% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Downloads

Published

2024-04-03