KOMPLEKSITAS PRODUK DAN KUALITAS KOMUNIKASI TERHADAP INTER-ORGANIZATIONAL COST MANAGEMENT DAN OPEN BOOK ACCOUNTING

  • Imam Abu Hanifah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Agus Sholikhan Yulianto Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh antara kompleksitas produk dan kualitas komunikasi terhadap IOCM dan OBA. Penelitian sebelumnya telah dilakukan di negara-negara lain seperti di Negara-negara Eropa dan Amerika. Penelitian terkait tema ini tidaklah banyak dilakukan oleh peneliti lain, dan penelitian ini merupakan satu dari sedikit penelitian yang memberikan bukti empiris pada hubungan IOCM dan OBA yang disebabkan oleh kompleksitas produk dan kualitas komunikasi. Penelitian ini fokus pada perusahaan di Indonesia yang berusaha meningkatkan kompetitifnya. Metode yang digunakan dengan mengumpulkan data survey yang dilakukan kepada para manajer tingkat menengah pada perusahaan yang terdaftar di Kementerian atau Dinas Perindustrian. Pengambilan sampel dengan metode purpossive sampling, dan metode analisis data mengunakan SEM Partial Least Square (PLS). Uji kualitas meliputi uji reliabilitas dan uji validitas dengan software Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompleksitas produk dan kualitas komunikasi berpengaruh terhadap IOCM dan OBA. Temuan lain juga menunjukkan bahwa praktek IOCM akan berpengaruh pada pelaksanaan OBA. Pembuatan produk yang sesuai dan rumit, disertai dengan informasi yang lengkap dan memadai secara empiris dapat mempengaruhi peningkatan pelaksanaan IOCM dan OBA. Semoga hasil penelitian ini memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu akuntansi di Indonesia.

Published
2022-03-21