Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbors untuk Analisis Sentimen pada Buletin APTIKOM

  • Yogi Firman Alfiansah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Amril Mutori Siregar Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Anis Fitri Nur Masruriyah Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Analisis Sentimen, Buletin Aptikom, K-Nearest Neighbors, R Studio

Abstract

Membaca menjadi salah satu hal mendasar yang cukup penting dalam pembelajaran dan untuk menambah pengetahuan. Berbagai ilmu pengetahuan bisa didapatkan dengan membaca dan membaca juga dapat mengantarkan pada kesuksesan. Permasalahan yang pada saat ini yaitu masih kurangnya minat daya tarik dalam membaca, maka dari itu APTIKOM membuat sebuah media cetak dan daring yang dapat menarik minat baca yaitu Buletin. Namun, belum dapat dipastikan sentimen penulisan dari buletin apakah banyak mengandung kalimat positif atau negatif. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah metode khusus untuk mengkategorikan secara otomatis isi dari Buletin tersebut banyak mengandung kalimat positif atau negatif. Data yang diperoleh dari Buletin merupakan sebuah data berbentuk teks atau kalimat yang akan diklasifikasi menggunakan algoritma K-Nearest Neighbors. Untuk mendapat hasil analisis sentimen, dokumen Buletin APTIKOM di filtering terlebih dahulu melalui tahapan text preprocessing. Setelah melalui tahapan text preprocessing, data tersebut diolah analisis sentimennya dan mendapatkan sebanyak lebih dari 150 kalimat yang mengandung sentimen positif dan tidak lebih dari 50 kalimat yang mengandung sentimen negatif dan netral. Hasil pengklasifikasian dengan algoritma K-Nearest Neighbors yaitu mendapatkan nilai K yang optimal berdasarkan nilai akurasi yaitu K=5 dan di evaluasi dengan Confusion Matrix sehingga mendapatkan nilai Accuracy 86.2%.

References

[1] D. A. Francis, N. Carauna, J. L. Hudson and G. M. McArthur, "The association between poor reading and internalising problems: A systematic review and meta-analysis," Clinical Psychology Review, pp. 45-60, 2019.
[2] R. Kurniawan and A. Apriliani, "Analisis sentimen masyarakat terhadap virus corona berdasarkan opini dari Twitter berbasis Web Scrapper," Jurnal Instek, vol. 5, pp. 67-75, 2020.
[3] M. P. Bach, T. Bertoncel, M. Meško and Ž. Krstić, "Text mining of industry 4.0 job advertisements," International Journal of Information Management, vol. 50, pp. 416-431, 2020.
[4] E. Indrayuni, "Klasifikasi Text Mining Review Produk Kosmetik Untuk Teks Bahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Naive Bayes," JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, vol. VII, pp. 29-36, 2019.
[5] A. Heryanto and R. Pramudita, "Opini Media Sosial Facebook Terhadap Produk Hijab Menggunakan Metode Text Mining," INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, vol. 4, pp. 168 - 177, 2020.
[6] F. Galati and B. Bigliardi, "Industry 4.0: Emerging themes and future research avenues using a text mining approach," Computers in Industry, vol. 109, pp. 100-113, 2019.
Published
2022-01-31