Sistem Pakar Diagnosa Dini Kecanduan Narkoba Menggunakan Algoritma Naive Bayes Berbasis Web

  • Muhammad Yusuf Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Deden Wahiddin Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Adi Rizky Pratama Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Narkoba, Naïve Bayes, Sistem Pakar

Abstract

Narkoba merupakan obat-obatan terlarang yang memberikan dampak negative terhadap kesehatan, nama lain dari narkoba adalah NAPZA yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya. Obat-obatan ini mengandung zat-zat berbahaya yang akan memberikan dampak negatif tertentu bagi yang menggunakannya. Narkoba merupakan salah satu masalah yang menjadi fokus utama bagi pemerintah pada masa sekarang, setiap tahunnya pengguna narkoba mengalami peningkatan yang cukup signifikan dikarenakan masih kurangnya pengetahuan dan peran masyarakat dalam mendukung program pemerintah dalam menekan tingkat pengguna narkoba. Untuk itu diperlukan inovasi yang memanfaatkan pengembangan teknologi khususnya teknologi informasi yang dapat diakses oleh setiap masyarakat. Jadi dengan adanya teknologi informasi mengenai diagnosa dini kecanduan narkoba, akan memudahkan masyarakat mengetahui apakah keluarganya kecanduan narkoba atau tidak. Berdasarkan permasalah ini peneliti membuat aplikasi sistem pakar. Sistem pakar dianggap mampu menyelesaikan masalah yang biasanya diselesaikan oleh pakar. Pembuatan sistem pakar ini menggunakan metode naïve bayes dengan mencari nilai probabilitas gejala dini kecanduan dengan hasil outpot diagnosa dini kecanduan narkoba. Dari hasil pengujian yang dilakukan pada 15 data percobaan akurasi diagnosa sesuai pakar sebesar 20% dan tidak sesuai diagnosa pakar sebesar 80%.

References

[1] Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
[2] Syahputra, T., & Maya, W. R. (2019). Implementasi Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Pecandu Narkoba Menggunakan Metode Teorema Bayes. 18(2), 111–118.
[3] Candra Dewi, I., Andy Soebroto, A., & Tanzil Furqon, M. (2015). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Potong Dengan Metode Naive Bayes. Journal of Enviromental Engineering and Sustainable Technology, 2(2), 72–78.
[4] Nugraha, S. (2018). Sistem Pakar Diagnosis Gizi Pada Balita Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Mesin Inferensi. 2(1), 167–175
[5] SUDIARTO, R. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Diagnosa Dini Terhadap Penyalagunaan Narkoba Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Menggunakan Metode Bayes Berbasis Web. Jurnal Teknik Elektro, 7(01), 45–51.
Published
2022-01-31