Implementasi Metode Tesseract OCR(Optical Character Recognition) untuk Deteksi Plat Nomor Kendaraan Pada Sistem Parkir

  • Kusnantoro Kusnantoro Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Tatang Rohana Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dwi Sulistya Kusumaningrum Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Tesseract OCR(Optical Character Recognition), Parkir, Plat Nomor Kendaraan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini semakin pesat, termasuk dalam bidang parkir. Sistem pendataan kendaraan parkir di PT Century Batteries Indonesia, saat ini masih dilakukan secara manual, yaitu dengan panca indra manusia sehingga dapat berpotensi terjadinya kesalahan dalam pendataan, karena penglihatan manusia memiliki batas kejenuhan dan kelelahan. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk menerjemahkan citra plat nomor kendaraan menjadi bentuk teks, kemudian dilakukan pencocokan dengan database. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Tesseract OCR(Optical Character Recognition). Implementasi dari sistem deteksi plat nomor kendaraan dengan metode Tesseract OCR(Optical Character Recognition) ini telah diuji dengan 30 sampel gambar plat nomor kendaraan. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan tersebut, menghasilkan tingkat akurasi rata-rata sebesar 95,95%. Hasil kuesioner yang dibagikan melalui google form terhadap 30 responden menghasilkan tingkat kepuasan pengguna aplikasi rata-rata sebesar 80,10%.

References

[1] S. Ginting, S. Ginting, and F. Harahap, “Penggunaan Mobile Vision Api Untuk Pengenalan Teks Dalam Sebuah Image,” J. Mhs. Fak. Tek. dan Ilmu Komputer. Univ. Potensi Utama, vol. 1, pp. 1143–1152, 2020.
[2] A. S. Kusnanto, “Implementasi OCR (Optical Character Recognition) Menggunakan Metode String Matching Untuk Mendeteksi Obat dan Makanan Berbasis Android,” J. Ilm. Komput. dan Inform., 2015.
[3] I. M. A. Mahawab and I. P. A. E. D. Udayana, “Implementasi Optical Character Recognition ( Ocr ) Dan Pendekatan Thesaurus Untuk Menemukan Informasi Pada Surat,” J. Teknol. Inf. dan Komput., pp. 39–44, 2020.
[4] A. Setiawan, H. Sujaini, and A. B. Pn, “Implementasi Optical Character Recognition ( OCR ) pada Mesin Penerjemah Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 135–141, 2017.
[5] E. Suharyanto, “Pencarian Informasi Pajak Kendaraan Berdasarkan Plat Nomor Menggunakan Pustaka Tesseract dan OpenCV Python,” J. Ilmu Komputer., vol. III, no. 01, pp. 14–17, 2020.
[6] D. Normalasari and I. Afrianto, “Aplikasi Identifikasi Kata Berbasis Optical Character Recognition dan Augmented Reality,” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 8, no. 2, 2019.
[7] O. H. Kelana, O. H. Kelana, D. J. Bahardica, M. Subianto, and W. Swastika, “Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Plat Nomor Untuk Sistem Parkir Berlangganan Berbasis Desktop Menggunakan OCR,” pp. 1–6, 2019.
[8] M. Zainuddin, L. T. Sianturi, and R. K. Hondro, “Implementasi Metode Robinson Operator 3 Level Untuk Mendeteksi Tepi Pada Citra Digital,” J. Ris. Komput., vol. 4, no. 4, pp. 1–5, 2017.
[9] A. Firdaus and Imelda, “Penerapan Metode Gaussian Blur Dan Absolute Difference Pada Jumlah Dan Kecepatan Kendaraan,” Sist. Komput. dan Tek. Inform., vol. 1, no. 3, pp. 1003–1011, 2018.
Published
2022-01-31