Penerapan Algoritme Meeus untuk Menentukan Jadwal Waktu Salat di Masjid Al-Fatih Universitas Buana Perjuangan Karawang

  • Azis Firman Saputra Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Jamaludin Indra Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Tohirin Al Mudzakir Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Algoritma Meeus, Android, Jadwal Shalat, Raspberry Pi, Web

Abstract

Masjid digunakan untuk tempat beribadah bagi umat islam, juga sebagai tempat untuk melakukan kegiatan yang bersifat keagamaan. Saat ini, di musala atau masjid sering di jumpai alat bantu elektronik jadwal waktu salat seperti dot matriks, running text, dan seven segmen. Alat-alat tersebut sudah sering dijumpai dan tampilannya sulit untuk diganti atau diubah serta terbatas karena hanya menampilkan tulisan yang berupa jam, tanggal, dan waktu salat saja. Teknologi yang sangat pesat perkembangannya seperti saat ini, memberikan kemudahan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Maka, dibutuhkan alat atau sistem untuk menentukan jadwal waktu salat. Jadwal salat ditampilkan di TV LED yang dihubungkan dengan Raspberry Pi menggunakan kabel HDMI, dan diatur atau dikontrol dengan aplikasi Android yang diakses melalui Web Server lokal dari Raspberry Pi. Jadwal waktu salat ditentukan dengan menggunakan metode kalkulasi dan algoritme Meeus. Perhitungan sistem menggunakan algoritme Meeus menghasilkan akurasi yaitu 99,1%. Adanya alat atau sistem tersebut, dapat memudahkan umat islam dalam menentukan waktu salat dan juga menginformasikan suatu pengumuman atau lainnya yang dapat diatur atau diubah dengan mudah.

References

[1] C. S. Buana, T. Susanto, and S. Suhandiah, “Rancang Bangun Aplikasi Informasi Kegiatan Masjid Berbasis Web Pada Masjid Tanwir Surabaya,” J. Sist. Inf. Komput. Akunt., vol. 5, no. 7, pp. 3–8, 2016.
[2] Ferliyanda, “Perancangan Pengingat Waktu Sholat Menggunakan Dot Matriks Berbasis Mikrokontroler AT89S52,” vol. VII, no. 0911181, pp. 44–49, 2014.
[3] W. A. Nurwicaksana, S. Riskitasari, M. J. Pamenang, L. A. Widigdyo, and S. Adhisuwignjo, “Alat Pengingat Waktu Sholat Di Masjid Berbasis Raspberry Pi,” Pros. SNATIF ke-6 Tahun 2019, vol. 5, no. 2007, pp. 96–101, 2017.
[4] H. G. Sasmita and Agus Mulyana, “Sistem Informasi Masjid Berbasis Raspberry Pi dan Android,” pp. 1–7, 2016.
[5] D. M. Isnaeni, F. Mintarsih, and F. Fahrianto, “Implementasi Algoritma Meesus dalam Penentuan Waktu Shalat dan Pencarian Masjid Terdekat,” Stud. Inform. J. Sist. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 1–10, 2015.
[6] M. M. Barmawi, M. Ichwan, and R. R. Lukito, “Implementasi Algoritma Jean Meeus dalam Menentukan Waktu Shalat,” MIND J., vol. 2, no. 1, pp. 26–33, 2017.
[7] Z.-Z. H, “Prayer Times Calculation,” 2018. [Online]. Available: http://praytimes.org/calculation.
[8] A. Tjalla, “Tendensi Sentral Dan Variabilitas Pendahuluan,” Salut. Coniugazioni, Essere E Avere, pp. 1–50.
Published
2022-01-31