PENGARUH FIRM AGE, STUKTUR MODAL DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR BAHAN DASAR KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017 -2021

  • Neng Ria Nopita Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Fista Apriani Sujaya Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Rohma Septiawati Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Sektor industri manufaktur merupakan sektor pendorong utama bagi Indonesia untuk keluar dari resesi. Kinerja manufaktur yang masih berada di zona ekspansi meski menurun ini, masih menjadi bukti bahwa ada kenaikan permintaan dalam negeri, dengan total pesanan baru juga mengalami ekspansi. Price Book Value (PBV) menggambarkan seberapa besar pasar menghargai nilai buku saham suatu perusahaan. Peningkatan nilai perusahaan searah dengan peningkatan harga saham. Growth Opportunity memberikan aspek kepercayaan positif kepada para investor dalam menempatkan dana nya kepada perusahaan yang diharapakan perusahaan akan mendapat return yang tinggi dimasa yang akan datang yang akan mempengaruhi nilai perusahaan. Struktur modal menggambarkan proporsi finansial perusahaan yang bersumber dari hutang jangka panjang dan modal sendiri. Jika struktur modal yang memiliki nilai optimal atau baik akan memaksimalkan harga saham suatu perusahaan yang mengambarkan maksimalnya nilai perusahaan. Firm age menjelaskan lamanya  perusahaan  berdiri.  Perusahaan  telah  lama  berdiri tentunya  harus  mempunyai  strategi  untuk  tetap bertahan dimasa  depan,  karena  banyak perusahaan-perusahaan baru yang bermunculan. Semakin lama umur perusahaan menunjukkan kemampuan perusahaan dalam mempertahankan  kesinambungan  usahanya. Penelitian ini merupkan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengatahui nilai perusahaan, growth opportunity, struktur modal dan firm age serta analisis verifikatif untuk mengetahui pengaruh dari growth opportunity, struktur modal dan firm age terhadap nilai perusahaan secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat pengujian menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian menjelaskan jika firm age dan struktur modal secara parsial memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, growth opportunity tidak memiliki pengaruh parsial terhadap nilai perusahaan dan secara simultan firm age, stuktur modal dan growth opportunity memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

References

Gusti.W, Andre. (2018). Bukti Empiris Penentu Nilai Perusahaan Manufaktur Berdasarkan Intellectual Capital, Umur Dan Ukuran Perusahaan.Jurnal Penelitian. 120-15.
Deni Darmawan. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Fahmi, I. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung : Alfabeta
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. August. Semarang : Universitas Diponegoro.
Halim, A. (2015). Auditing (Dasar-dasar Audit Laporan Keuangan). Yogyakarta : UPP AA YPKN
Harahap, R. (2019). Pengaruh Profitabilitas , Growth Opportunity Dan Stuktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017. 11(1), 175–187.
Indriani, S. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba (Good Governance dan Kebijakan Perusahaan).
Irawan, D., & Kusuma, N. (2019). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan. 17(1), 66–81.
Kemenperin. (2021). Sektor Manufaktur Tumbuh Agresif di Tengah Tekanan Pandemi. kemenperin.go.id
Kenia Intan. (2022). Industri Manufaktur Masih Akan Menggeliat, Saham-Saham Ini Bisa Dilirik. kontan.co.id
Komang Ayu Kusuma Wati. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. 4(1), 254–263.
Kusna, I., & Setijani, E. (2018). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan, Growth Opportunity Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 93–102. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i1.2155
Maya Rismayanti. (2019). Pengaruh Struktur Modal Dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Subsektor Coal Mining (Batu Bara) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2018). 28(01), 44–70.
Meilina Seti. (2020). Umur Perusahaan. Jurnal Penelitian. Jurnal Penelitian. 9–25.
Mustafa. (2017). Manajemen Keuangan. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Nathanael, R. F., & Panggabean, R. R. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Leverage Dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan. Balance: Jurnal Akuntansi, Auditing Dan Keuangan, 17(2), 175–200. https://doi.org/10.25170/balance.v17i2.2262
Nur, T. (2018). Pengaruh Growth Opportunity, profitabilitas dan struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan dividen sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2014-2017. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia.
Nuryadi. (2017). Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Yogyakarta : Sibuku Media.
Oktaviani, V. K. (2018). Pengaruh Growth Opportunity Dan Tingkat Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016.
Perdana, E. (2016). Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22. Pangkalpinang: Lab Kom Manajemen FE UBB.
Prawoto, A. (2016). Penilaian Usaha. Yogyakarta: BPFE.
Purnaya, I. gusti K. (2016). Ekonomi Dan Bisnis. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Rahmania Efendi. (2022). Pengaruh Struktur Modal dan Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan ( Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia ). 04, 504–512.
Rambu, J. (2020). Pengaruh Growth Opportunity, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro (JMPKN).
Riyanto, B. (2013). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Jurnal Sinar Manajemen.Yogyakarta : BPFE.
Purnomo, L. I. (2020). Statistik Deskriptif (Issue 1). Jurnal Riset Akutansi. ISSN:2086-2563.
Setiawan, B. (2015). Teknik Hitung Manual Analisis Regresi Linea Berganda Dua Variabel Bebas. 0–9.
Sofar, S. (2018). Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jurnal Online Mahasiswa. Bogor : In Media.
Sudana, I. M. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta : Erlangga
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sunyoto, D. (2016). Statistika Deskriptif Dan Probabilitas. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.
Supomo, B. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akutansi Dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Suyono. (2018). Analisis Regresi Untuk Penelitian. Yogyakarta : Deepublish.
Syardiana, G., Rodoni, A., & Putri, Z. E. (2016). Pengaruh Investment Opportunity Set, Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Return on Asset Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas.
Tri Yuli Astuti. (2022). Majalah Ilmiah Manajemen & Bisnis Pengaruh Struktur Modal , Pertumbuhan Laba , dan Komite Audit Terhadap Kualitas Laba Pada Perusahaan Industri. 19, 107–118.
Umdiana, N., Ekonomi, F., & Raya, U. S. (2020). Analisis Jalur Struktur Modal dan Nilai Perusahaan dengan Metode Trade Off Theory. 13(1), 132–145.
Wijaya, D. (2017). Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapannya. Jakarta: PT Grasindo, Anggota IKAPI.
Yanti, C. Y., Budi, L., Santoso, E. B., & Al, E. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015. Journal of Accounting, 2(1), 1–17.
Yayuk Puji Astuti. (2018). Pengaruh Growth Opportunity, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Property And Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. 20131112027, 1–19.
Published
2023-06-26