PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN MENENGAH TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan latar belakang pendidikan menengah terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan cara mengumpulkan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Buana Perjuangan Karawang angkatan 2018 dimana populasi mahasiswa yang aktif sebanyak 120 mahasiswa, dan diambil 65 sampel mahasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah Kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan spiritual tidak berpengaruh terdadap tingkat pemahaman akuntansi. Latar belakang pendidikan menengah tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Dan secara simultan, kecerdasan intelektual, kecedasan spiritual dan latar belakang pendidikan menengah berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
References
Alrasyid, H., Rahmawati, & Rahmad Solling Hamid. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Spiritual Dalam Mendeteksi Fraud. Substansi: Sumber Artikel Akuntansi Auditing Dan Keuangan Vokasi, 5(1), 37–55. https://doi.org/10.35837/subs.v5i1.1294
Aulia, P. G., Cahyono, D., & Nuha, G. A. (2020). Tingkat Pemahaman Akuntansi Berdasarkan Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual. BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 2(1),242–255. https://doi.org/10.31539/budgeting.v2i1.1233.
Farwitawati, R. (2019). Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning Dari Sudut Pandang Kecerdasan Spiritual. Jurnal Akuntansi Kompetif, 2(2), 55–67. https://doi.org/10.35446/akuntansikompetif.v2i2.347
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, D., P. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang). Skripsi thesis. Universitas Semarang.
Hidayah, Khuswatun. (2018). Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Independensi, Rekan Kerja Dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris Pada Kap Di Jawa Tengah Dan Diy). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Irawan, Andi (2022) Analisis Kecerdasan Intelektual (Iq), Kecerdasan Emosional (Eq), Dan Kecerdasan Spiritual (Sq) Terhadap Gaya Kepemimpinan Manajer Coffee Shop Di Kota Malang. Undergraduate Thesis, STIE Malangkucecwara.
Jogiyanto, H.M. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis: salah kaprah dan pengalaman-pengalaman. Edisi Enam. BPFE. Yogyakarta
Khairunnisa, A. (2015). Pengaruh Kemampuan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Auditor Inspektorat Provinsi Riau. Jom FEKON, 2(2).
Kartomo, & Sudarman, L. (2019). Buku Ajar Dasar-Dasar Akuntansi. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Kasmadi, & Nia Sari Sunariah. (2013). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mawarni, M. Z., Witurachmi, S., & Muchsini, B. (2013). Hubungan Kecerdasan Spiritual dan Lingkungan Belajar dengan hasil Belajar Akutansi. Jurnal “Tata Arta” UNS, 5(1), 1–16. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/tata/article/view/39823/26211
Menhard. (2021). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Menengah Mahasiswa, Gaya Mengajar Dosen, Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Ambitek, 1(1), 45–58.
Pasek, N. S. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(1). https://doi.org/10.23887/jia.v1i1.9983
Pramesti, Dea R. (2020). Tingkat Pemahaman Akuntansi Ditinjau dari Latar Belakang Jurusan Pendidikan Sekolah Menengah, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Partisipasi Belajar Mahasiswa (Studi Komparatif: Mahasiswa Prodi PE BKK Pendidikan Akuntansi Angkatan 2016 Universitas Santa Dharma). Skripsi Thesis, Sanata Dharma University.
Pratama, D. A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik Kota Medan).
Putri, Meliya S., E. (2016) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Prilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Volume 15 bulan Mei 2016. ISSN 2085-1375.
Ratnasari, S. L., Supardi, S., & Nasrul, H. W. (2020). Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Applied Business Administration, 4(2), 98–107
Rauzan, Nur M. (2020). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Etos Kerja Pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makasar.
Said, A. N., & Rahmawati, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19357.
Santoso, Didik. (2018). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Menengah dan Perilaku Belajar Mahasiswa Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Muhamadiyah Ponorogo). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhamadiyah Ponorogo.
Saputra, Komang Tria Wira. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Studi Empiris Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Prodi Akuntansi, 1, 1–15
Sekran, U., dkk. (2017) Metode Penelitian Untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keahlian, Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat
Siregar, Syofian. (2014). Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Sudarsono.
Sonya Ariska Wijaya, & Gde Herry Sugiarto Asana. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Stie Triatma Mulya. Journal Research of Accounting, 1(1), 30–44. https://doi.org/10.51713/jarac.v1i1.3
Sukri Syamsuri, A., & Jusriadi, E. (2021). Pengaruh Kecerdasan Spritual, Kecerdasan Intelektual, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Di Smp Islam Athirah 1 Makassar (Vol. 10, pp.1–17).
Syarifah. (2019). Konsep kecerdasan majemuk howard gardner. Jurnal Ilmiah Sustainable,2(2),154-175.
Utami, S., & Sasongko, N. (2021). Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Sosial terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Duconomics Sci-Meet (Education & Economics Science Meet), 1, 117–129. https://doi.org/10.37010/duconomics.v1.5428.
Widayati, N., & Ristiyana, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi pada mahasiswa S1-Akuntansi Universitas Islam Syekh-Yusuf). Pelita: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 19(2), 194-209. https://doi.org/https://doi.org/10.33592/pelita.Vol19
Zahra, Siti. (2020). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial, Pemahaman Dasar Akuntansi, Perilaku Belajar dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Satya Negara Indonesia). Skripsi thesis. Universitas Satya Negara Indonesia. Jakarta