PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BENGKEL BODY REPAIR ABDI JAYA MOTOR KARAWANG

  • Rizky Eka Juliana Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Netti Nurlenawati Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Flora Patricia Anggela Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Harga merupakan salah satu faktor yang sangat mempenaruhi keputusan pembelian produk/jasa, di samping itu Harga juga salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, oleh karena itu penentuan harga sangatlah penting untuk di pertimbangkan dua poin di atas, kualitas pelayanan adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh di perusahaan jasa, karena perusahaan jasa itu menjual produk berupa pelayanan.

          Populasi penelitian adalah costumer dari bengkel Abdi Jaya Motor sebanyak 752 orang dalam kurun waktu bulan Juli 2019 s/d Januari 2020 dengan jumlah sample 261 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan di olah menggunakan aplikasi SPSS 23, teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan penyebaran quisioner menggunakan selembar kertas kepada semua sample costumer bengkel Abdi Jaya Motor.

          Hasil penelitian menunjukan koefisien jalur harga dan kualitas pelayanan sebesar 0,286 yang memiliki hubungan rendah dan positif, koefisien korelasi harga terhadap kepuasan pelanggan menunjukan adanya pengaruh sebesar 39,7%, koefisen korelasi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 22,9% , dan Hasil analisis harga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 26,2%.

References

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Diana, F. T. & A. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Andi.

Enos Julvirta. (2017). Pengaruh Penetapan Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Topas Galeria Hotel Bandung. Jurnal Elektronik Ilmu Komputer, 7, 1–14.
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. 4(1), 37–44.
Kothler, Philip & Amstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen (Edisi 14,). Erlangga.
Kothler, Philip & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisii13.). Erlangga. Latoki, L., Chalil, H., & Ponirin. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap
Kepuasan Pelanggan Asuransi Kendaraan Bermotor PT. Asuransi Jasindo (PERSERO) Cabang Palu. 6(4), 103–114.
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa (edisi 3). Salemba Empat.
Nurhalimah, S., Leonardo Budi Hasiholan, SE, M., & Dra Cicik Harini, M. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Garasi Di Ungaran). Journal of Management, 4(4), 1–15.
Pahlawan, M. R., Laba, A. R., Pakki, E., & Hardiyono, Nurlia. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Perusahaan Daerah air minum (PDAM) Kota Makasar. 3(2), 228–244.
Pandia, R. M., Kadunci, & Hutagalung, D. D. C. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Produk Air Mineral Aqua. Epigram, 14(1), 67–76.
Pasharibu, Y., Paramita, E. L., & Febrianto, S. (2018). Price, service quality and trust on online transportation towards customer satisfaction. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(2), 241–266.
Pratiwi, U., & Maskan, M. (2019). Pengaruh Harga Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan.
Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(2018), 21–24.
Rismawati. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Bamboo Family Massage and Reflexiology Bandung. 1(2), 48–62.
Sandjojo, N. (2011). Metode Analisis Jalur dan Aplikasinya. Pustaka Sinar Harapan.
Surip, N., Pawirosumarto, S., & Liestijati, F. (2017). The Effect of Products, Price and Service Quality on Customer Satisfaction in “Rice for the Poors” Program. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 72(12), 6–18. https://doi.org/10.18551/rjoas.2017-12.01.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Andi.
Widyastuti, T. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Tempe. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(2), 233–240.
Yulisetiarini, D., & Prahasta, Y. A. (2019). The effect of price, service quality, customer value, and brand image on customers satisfaction of telkomsel cellular operators in east Java Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(3), 5–9.
Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D. D. G. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (6th ed). Mc.Graw-Hill.
Published
2021-04-30