Peningkatan Pelayanan Customer Service Pada Bank BPR NBP 32
Abstract
PT. Bank Perkreditan Rakyat Nusantara Bona Pasogit 32 atau biasa disingkat menjadi PT. BPR NBP 32 adalah perusahaan jasa keuangan perbankan yang telah berdiri sejak tanggal 11 Maret 1995. Penulis melakukan kegiatan kerja praktek di BPR NBP 32. Kegiatan yang diberikan meliputi membuka tabungan, mencari dana tabungan dan deposito, pinjaman dan menanggapi keluhan nasabah. Terdapat masalah yang ditemukan yaitu banyaknya Bank BPR yang bermunculan sehingga mengakibatkan persaingan dalam pelayanan nasabah menjadi lebih kompetitif. Adapun solusi permasalahan tersebut setiap karyawan Bank BPR bersikap ramah tamah kepada nasabah, tidak lama dalam proses transaksi, proses pemberian kredit yang cepat, tepat dan akurat, memberikan bunga kredit, deposito dan tabungan yang lebih kompetitif, menggunakan teknologi modern yang berkualitas, ruangan baking hall yang bersih, wangi dan rapi, formulir transaksi tersedia dengan rapi, dan promosi dengan open table di tempat tempat yang strategis seperti sekolah, pasar, dan kawasan yang startegis. Peningkatan pelayanan kunci utama dalam perbankan. Karena setiap perbankan mempunyai tujuan utama yaitu memuaskan para nasabahnya, untuk memenuhi kepuasan nasabah dipengaruhi oleh beberapa aspek yaitu kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh BPR NBP 32.
References
Amirullah. (2015) Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media
Fandy, Tjiptono. (2005) Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: CV . Andi Ofiset. cet. ket-1, h. 128
Fabiani Sofie and Sisca Eka Fitria. (2018) “Identifikasi Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Usaha Menengah” (Studi Pada CV. Kota Agung) Jurnal Wacana Ekonomi Sofie1, et. al. Vol. 18; No. 01; Tahun 2018 Halaman 001-012
H. M. Yani. (2012) Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Mitra Wacana Media. halaman 2
Kasmir. (2005) Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana. Cet ke-2, h. 205
Kasmir. (2008) Etika Customer Service. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
h. 81-83
Malayu, Hasibuan. (2005) Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Cet. Ke-4, h. 152
Munir. (2006) Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.h. 275
Sondang, P. Siagian. (1996) Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta:
Suparno, Eko Widodo. (2015) Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. hal.2
PT. Bumi Aksara. hal. 40