Pengaruh Brand Ambassador Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening (Studi Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Buana Perjuangan Karawang Angkatan 2018 - 2021)

  • Fitri Diana Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Puji Isyanto Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Asep Darojatul Romli Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: brand ambassador, citra merek dan keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis memahami dan menjelaskan brand ambassado, citra merek dan keputusan pembelian produk Scarlett Whitening; (2) untuk menganalisis, memahami, dan menjelaskan pengaruh parsial dari brand ambassador dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening; (3) Untuk menganalisis, memahami dan menjelaskan pengaruh simultan dari brand ambassador, citra merek terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening. Penelitian ini menggunakan deskriptif dan verifikatif. Dengan pengambilan sampel sebanyak 110 orang responden yang menggunakan dan membeli produk Scarlett Whitening. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner serta teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik non probability sampling dengan metode penentuan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Penelitian ini menunjukkan hasil secara parsial bahwa brand ambassador tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan secara simultan brand ambassador dan citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian

References

Brain Personalities, A. (2021, Desember 1). Founder Dan Owner Scarlett Whitening, Begini Caranya Berbisnis Skincare. Retrieved from Brain Personalities: https://brainpersonalities.com/founder-dan-owner-scarlett-whitening-begini-caranya-berbisnis-skincare/
Cekindo, A. (2022, Februari 10). Registrasi Pasar Kosmetik. Retrieved from Cekindo.com: https://www.cekindo.com/id/layanan/registrasi-kosmetik-indonesia
Compas, A. (2021, April 22). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace. Retrieved from Compas.co.id: https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/
Google Trends, A. (2022, Maret 26). Scarlett Whitening. Retrieved from Google Trends.co.id: https://trends.google.co.id/trends/explore?geo=ID&gprop=froogle&q=scarlett%20whitening
Anang Firmasnyah, Muhammad. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). diedit oleh M. Qiara. Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. diedit oleh S. Wall. Edinburgh-Inggris: Pearson Education Limited.
Firmansyah, Muhammad Anang. 2018. Perilaku konsumen (sIkap dan pemasaran). Surabaya: CV. Budi Utama (Depublish).
Kurniawan, Agung Widhi, dan Zarah Puspitaningtyas. 2016. Metode penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Peberbit Alfabet Bandung.
Radjab, Enny, dan Jam’an Ardi. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar Jl.Sultan.
Purwanto. 2019. Analisis Korelasi Dan Regresi Linier Dengan SPSS 21. Vol. 21. diedit oleh T. Rosowulan. Magelang: StaiaPress.
Anwar, Khairul, Muhammad Ashoer, Aisyah Nuramini, Irlina Dewi, Mizan Abrory, Putri Hana Pebriana, Jafar Basalamah, dan Sumianto. 2020. Metodologi penelitian. diedit oleh Nizamuddin dan K. Azan. Bengkalis: DOTPLUS Publisher.
Published
2023-01-27