Pengaruh E-Wom Beauty Blogger Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2018-2021 Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Abstract
Perawatan kulit pada saat ini menjadi suatu trend gaya hidup yang tidak bisa ditinggalkan, dengan banyak ditemukannya merek serta produk perawatan kulit yang tersebar dipasaran. Salah satunya merek Scarlett Whitening ditemukan sedang mengalami penurunan dalam segi pencarian informasi pada website serta penjualannya dikalahkan oleh produk lokal terbaru. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth Beauty Blogger dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini menggunakan rumus lemeshow yaitu mahasiswa manajemen perempuan angkatan 2018-2021 Universitas Buana Perjuangan Karawang yang pernah melakukan pembelian produk Scarlett Whitening diperoleh 100 sampel, dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil yang didapatkan bahwa variabel Electronic Word of Mouth Beauty Blogger berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian , Kualitas Produk berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan Electronic Word of Mouth Beauty Blogger dan Kualitas Produk berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Devi Marta Dwi .L, Theresia Pradiani, I. K. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Diskon, Dan Keputusan Pembelian Online Maharani Prima Skin Care Di Blitar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015. https://doi.org/10.32815/jubis.v2i2.442
Fahira, H. F., & Lestari, B. (2021). Pengaruh Elektronic Word of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Paket Acne Series Ms Glow di Tanggerang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 169–172. http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/513
Hardiyanti, I., & Madiawati, P. N. (2021). Loyalitas Pelanggan the Body Shop Melalui Variabel Kepuasan Pelanggan the Influence of Brand Image , Product Quality and Price on Customer. 8(4), 3443–3453. https://docplayer.info/219014824-Pengaruh-citra-merek-kualitas-produk-dan-harga-terhadap-loyalitas-pelanggan-the-body-shop-melalui-variabel-kepuasan-pelanggan.html
Herviani, V., Hadi, P., & Nobelson. (2020). Analisis Pengaruh Brand Trust, E-Wom, Dan Social Media Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy. Prosiding Biema, 1(1), 60–74. https://doi.org/10.1007/s10796-019-09924-y
Istiyanto, R. M. P. dan B. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pada Perempuan Di Surakarta). Jurnal Ekobis Dewantara, 4(2), 78–88.
Pratminingsih, S. A., Astuty, E., & Mardiansyah, V. (2019). The influence of electronic word of mouth and brand image on buying decision. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11(3 Special Issue), 995–1002. https://www.researchgate.net/publication/334881626_The_Influence_of_Electronic_Word_of_Mouth_and_Brand_Image_on_Buying_Decision
Reinaldo, I., & Chandra, S. (2020). The Influence of Product Quality, Brand Image, and Price on Purchase Decision at CV Sarana Berkat Pekanbaru. 5380| Journal of Applied Business and Technology, 2020(2), 137–150. http://www.e-jabt.org/index.php/JABT/article/view/40/29
Rosita, V. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Kualitas Website terhadap Minat Beli di Shopee pada Mahasiswa IAIN Kudus Program Studi Manajemen Bisnis Syariah. Institut Agama Islam Negeri Kudus.
Situmorang, I., Jushermi, J., & Marhadi, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond’s pada Remaja di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 72–86. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFEKON/article/view/12298
Sudarita, Y. M. I. M. (2020). Pengaruh E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Survey followers aktif akun @ Jelitacosmetic _). Commercium, 3(1), 36–40. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/34875