Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Persepsi Kepercayaan Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Financial Technology Peer To Peer Lending (Pinjaman Online) Pada Mahasiswa Manajemen 2018-2019 Universitas Buana Perjuangan Karawang

  • Inas Maulidina Malikah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dedi Mulyadi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Santi Pertiwi Hari Sandi Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: persepsi kemudahan penggunaan, persepsi risiko, persepsi kepercayaan, persepsi kenyamanan minat fintech peer to peer lending (pinjaman online)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris apakah terdapat pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi risiko, persepsi kepercayaan dan persepsi kenyamanan terhadap minat fintech peer to peer lending (pinjaman online) pada mahasiswa manajemen 2018-2019 Universitas Buana Perjuangan Karawang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa kuisioner. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang cukup kuat dan positif antara variabel persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi risiko, terdapat korelasi yang cukup kuat dan positif antara variabel persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kepercayaan, terdapat korelasi yang cukup kuat dan positif antara variabel persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kenyamanan, terdapat korelasi yang sangat rendah dan positif antara variabel persepsi risiko dan persepsi kepercayaan, terdapat korelasi yang sangat rendah dan positif antara variabel persepsi risiko dan persepsi kenyamanan, dan terdapat korelasi yang sangat kuat dan positif antara variabel persepsi kepercayaan dan persepsi kenyamanan. Secara parsial variabel persepsi kemudahan penggunaan memiliki pengaruh secara parsial terhadap minat fintech peer to peer lending (pinjaman online), persepsi risiko tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap minat fintech peer to peer lending (pinjaman online), persepsi kepercayaan tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap minat fintech peer to peer lending (pinjaman online), dan persepsi kenyamanan memiliki pengaruh secara parsial terhadap minat fintech peer to peer lending (pinjaman online). Dan seluruh variabel independen yaitu persepsi kemudahan penggunaan, persepsi risiko, persepsi kepercayaan dan persepsi kenyamanan berpengaruh secara simultan terhadap fintech peer to peer lending (pinjaman online).

References

Aans, M. (n.d.). Catatan Halaman Terahir. Muhammad Anas. https://books.google.co.id/books?id=BBm4DwAAQBAJ

Adhitya Wulanata, I. (2017). Analisis SWOT Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 133–144. https://core.ac.uk/download/pdf/190864220.pdf

Davis. (2019). Persepsi kemudahan. 30(2018), 30–30.

Margareta, S. (2013). HUBUNGAN PELAKSANAAN SISTEM KEARSIPAN DENGAN
EFEKTIVITAS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PIMPINAN : Study deskriptif analisis kuantitatif di Sub Bagian Kepegawaian dan Umum Lingkungan Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Repository UPI, 40–50.

Nurdin, Winda Nur Azizah, & Rusli. (2020). Pengaruh Pengetahuan,Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(2), 199–222. https://doi.org/10.24239/jipsya.v2i2.32.198-221

Paganta, D. R., & Rifa, D. (2015). PENGARUH KEPERCAYAAB, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KENYAMANAN, DAN PERSEPSI

RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN INTERNET BANKING. 1–13.

Rakhmawati, S., & Isharijadi, I. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking Pada Nasabah Bank Muamalat Cabang Pembantu Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 2(2), 71. https://doi.org/10.25273/jap.v2i2.1200


Rifqi Suprapto, S. P. M. M., & M. Zaky Wahyuddin Azizi, S. E. M. S. (n.d.). BUKU AJAR MANAJEMEN PEMASARAN. Myria Publisher. https://books.google.co.id/books?id=uHbJDwAAQBAJ

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (ed.)). CV ALFABETA..
Yuniarti, V. (2019). Faktor – Faktor Yang Memengaruhi Minat Penggunaan Financial Technology Peer To Peer Lending. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1–22.
OJK. (n.d.). Yuk Mengenal Fintech! Keuangan Digital Yang Tengah Naik Daun. Retrieved April 11, 2022, from https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10468
OJK. (2022). Daftar Pinjaman Online Berizin OJK. https://www.ojk.go.id/id/Default.aspx Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (ed.)). CV ALFABETA. Yoga, P. (2016). Financial Technology Tren Bisnis Keuangan Ke Depan.
Infobank.News.Com. https://infobanknews.com/financial-technology-tren-bisnis- keuangan-ke-depan/
Published
2023-01-25