Pengaruh E-Trust Dan E-Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Aplikasi Shopee Pengguna E-Wallet Shopeepay (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2018-2021 Universitas Buana Perjuangan Karawang)

  • Tubagus Reval Indiana Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Citra Savitri Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Wike Pertiwi Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: E-Trust, E-Service Quality, Customer Satisfaction, e-wallet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui korelasi antara pengaruh E-Trust dan E-Service Quality;

(2) mengetahi pengaruh simultan E-Trust dan E-Service Quality terhadap Customer Satisfaction transaksi e-wallet ShopeePay; (3) mengetahui pengaruh parsial E-Trust dan E-Service Quality terhadap Customer Satisfaction transaksi e-wallet ShoopePay. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 115 orang responden yang pernah bertransaksi menggunakan e-wallet ShoopePay dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner yang telah disebar kepada responden. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat terdapat korelasi antara E-Trust dan E-Service Quality yang positif dan sangat kuat. Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan pada E-Trust dan E-Service Quality terhadap Customer Satisfaction yang menunjukkan pengaruh sebesar 67,6%, sedangkan 32,4% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh secara parsial antara E-Trust terhadap Customer Satisfaction secara signifikan, dan adanya pengaruh parsial E-Service Quality terhadap Customer Satisfaction secara signifikan

References

Akhmadi, M. D. D., & Martini, E. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Aplikasi Ovo. Jurnal Mitra Manajemen, 4(5), 708–720. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i5.385
Basu, S., & Dharmmesta, M. B. A. (n.d.). Peran Pemasaran dalam Perusahaan dan Masyarakat. 1–38.
Daryanti, P., & Shihab, M. S. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Konsep E-Servqual (Studi Kasus Pelanggan Shopee). Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(3), 120–127. https://doi.org/10.36782/jemi.v2i3.1915
Donni Juni Priansa, S.Pd., S.E., M.M., Q. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu pada era media sosial. Pustaka Setia.
Dr. Imam Ghozali. (2016). Aplikasi analisis multivariete: dengan program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Dr.budi rahayu tanama putri,s,pt., M. (2017). manajemen pemasaran. Fakultas Peternakan Universitas Udayana. https://perpustakaan.gunungsitolikota.go.id/opac/detail-opac?id=3213
Fany arfiani, 2021. (2021). Pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap customer satisfaction transaksi e- wallet aplikasi ovo.
Firdha, S., Putri, A., & Marlena, N. (2021). Pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap kepuasan konsumen. Forum Ekonomi, 23(3), 463–474. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, D. H. M. S. . (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Perkasa.
Kotler, P., Keller, & 2016. (2016). Severo Ochoa, winner of the Nobel Prize for physiology and medicine. His life and work. In Marketing (Vol. 22).
Leonnard. (2019). Exploring the Relationship Among E-Service Quality , Loyalty At Higher Education Institutions. 12(4), 103–110.
Liani, A. M., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh E-Trust terhadap E-Loyalty Dimediasi oleh E-Satisfaction pada Pengguna Dompet Digital Gopay. YUME : Journal of Management, 4(1), 138–149. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.445
Nurmanah, I., & Nugroho, E. S. (2021). Pengaruh Kepercayaan (Trust) Dan Kualitas Pelayanan Online (E-Service Quality) Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Bukalapak. Nurmanah Ima, Edi Suwardji, 5(1), 11. https://doi.org/10.31602/atd.v5i1.3384
Prakosa, D., & Pradhanawati, A. (2020). Pengaruh E-Trust Dan E-Service Quality


Terhadap E-Loyalty Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia Di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(4), 457–464.
Ristiyani, E., & Setyawati, H. A. (2019). Pengaruh Service Quality, Trust Terhadap Customer Satisfactions Serta Dampaknya Pada Repatronage Intentions Pada Lazada (Studi Pada Pengguna Lazada Di Kecamatan Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 1(1), 92–100. https://doi.org/10.32639/jimmba.v1i1.394
Sari, M. A., Listiawati, R., Novitasari, N., & Vidyasari, R. (2020). Analisa Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet. Ekonomi & Bisnis, 18(2), 126–134. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2493
Setiawan, E., & Septiani, S. (2018). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Moda Transportasi Grab di Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen Dan Kearifan Lokal Indonesia, 2(1), 54. https://doi.org/10.26805/jmkli.v2i1.24
Setyoparwati, I. C. (2019). PENGARUH DIMENSI KEPERCAYAAN (TRUST) KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA E-COMMERCE DI INDONESIA.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen (1st ed.). Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Cet.26).
Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF.
Alfabeta.
Suherman, Enjang., Suroso., & Neni Sumarni. 2022. Analisis E-Sequal dan Etika Perilaku Penjual Terhadap E-Satisfaction Shopee. Jurnal Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen. Vol 6 No 2. DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v6i2.12783
Sunyoto, D. (2014). Dasar-dasar manajemen pemasaran: konsep,strategi dan kasus.
CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Thalia Claudia Mawey, Altje L. Tumbel, I. W. J. O. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt Bank Sulutgo. Jurnal EMBA, 6(3), 1198–1207.
Published
2023-01-25