PENGARUH STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN PERIODE 2016-2020
Abstract
Perusahaan menganggap pajak sebagai beban perusahaan karena sifatnya yang menjadi pengurang laba perusahaan. Perbedaan kepentingan antara pemerintah dan perusahaan menimbulkan pertanyaan apakah dari sisi wajib pajak terdapat beberapa tindakan agresivitas pajak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Strategi Bisnis Perusahaan Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak Strategi baik secara parsial maupun simultan. Sampel penelitian yang diambil yaitu 15 perusahaan dari total 45 Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Sektor Makanan Dan Minuman Periode 2016-2020 dengan tekik sampling yang digunakan yaitu Purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dan verifikatif menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 24. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa Strategi Bisnis tidak berpengaruh terhadap Agresivitas Pajak, Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap Agresivitas Pajak. Sedangkan untuk pengujian secara simultan diperoleh hasil Strategi Bisnis Perusahaan Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak secara simultan berpengaruh terhadap Kebijakan Hutang.
References
Arum Kusumowardhani, R. (2013). Strategi Pemeliharaan Hubungan dan Kepuasan dalam Hubungan Sebuah Meta Analisis. Jurnal Psikologi Integratif, Vol. 1, No. 1, Juni 2013, halaman 8- 16.
Aryani, A. &. (2016). Tren Penghindaran Pajak Perusahaan Manufaktur di Indonesia yang terdaftar di BEI tahun 2001-2004 . Jurnal Akuntansi. Vol. XX. No. 03, September 2016: 375-388.
Brigham , E. F., & Gapenski, L. C. (1996). Intermediate Financial Management . Florida : The Dryden Press .
Dande , N. (2018). Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Corporate Social Responsibility terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Tambang . Parsmonia Vol. 5. NO. 1 April 2018 : 97-112.
Darmawan, I. G. H., & Sukartha, I. M. (2014). Pengaruh Penerapan Corporate Governance, Leverage, Return On Assets, dan Ukuran Perusahaan pada Penghindaran Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 9.1.
Faradiza, Sekar Akrom., dan Suyanto. 2017. Fraud Diamond: Pendeteksian Kecurangan Laporan Keuangan. Jurnal Seminar Nasional Riset Terapan. ISSN: 978-602-73672-1-0
Fathorrahman , & Syaiful. (2019). Pengaruh Strategi Bisnis Perusahaan terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Manufaktur Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia. J-MACC : journal of Management and Accounting Vol. 2 No. 1 .
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro .
Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Hanlon , M., & Heitzmen , S. (2010). A Review of Tax Research . Journal of Accounting and Economics 50, no 2 -3 (Desember 2010): 127-178.
Irawati, W., & Sari , A. (2019). Pengaruh Persepsi Wajib Pajak dan Preferensi Risiko terhadap Kepatuhan Wajib Pajak . Jurnal Akuntansi Barelang Vol. 3 No. 2 Tahun 2019.
Irma , F. (2016). Analisis Swot Dalam Perencanaan Strategi Pemasaran Pada BMT Hasanah Jabung. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Jessica , & Toly , A. (2014). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Agresivitas Pajak . Tax & Accounting Review, Vol 4, No. 1, 2014.
Lanis, R., Dan Richardson, G. 2012. “Corporate Social Responsibility And Tax Aggresiveness: An Empirical Analysis”. Journal Of Accounting And Publicpolicy. 31, 86-108.
Lie Liana , P. S., & Adiwibowo , A. S. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Agresivitas Pajak. Tax & Accounting Review, Vol. 4, no.1, 2014.
Madarina , A., & Ardiyanto, M. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Agresivitas Pajak studi empiris pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2013- 2017. Volume 8 Nomer 4 Tahun 2019, Halaman 1-12 .
Mustika. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Capital Intesity dan Kepemilikan Keluarga terhadap Agresivitas Pajak . JOM Fekom, Vol. 4 No. 1 (februari) 2017.
Mustika. 2017. “Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Capital Intensity dan Kepemilikan Keluarga Terhadap Agresivitas Pajak”. Jom Fekon, Vol. 4 No. 1 1886-1900.
Octaviana , N. E., & Rohman , A. (2014). Pengaruh Agresivitas Pajak terhadap Corporate Social Responsibility Untuk Menguji Teori Legitimasi. Diponegoro Journal of Accounting Volume 03, Nomor 02, Tahun 2014 Halaman 1-12.
Pohan , C. (2016). Manajemen Perpajakan: Strategi Perencanaan Pajak dan Bisnsi . Jakarta : Gramedia, edisi revisi.
Social Responsibility (CSR) Terhadap Agresivitas Manajemen Laba . Jurnal Akuntansi Vol. 6 No. 1 Juni 2018.
Wicaksono, Agung. 2017. “Koneksi Politik dan Agresivitas Pajak: Fenomena di Indonesia” Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi Vol 10 (I) P-ISSN: 1979- 858X; E-ISSN: 2461-1190 Page 167- 180
Wulandari , S. (2015). The Impact of Corporate Social Responsibility on Accrual Earning Management and Real Earning Management . Etikonomi Volume 15 (1), April 2015.
Yanti , N., Subrapto , B., & Andayani, W. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Komisaris Independen terhadap Agresivitas Pajak . Vol. 6, No. 2, 2018: 225-239.
Zulaikha, L. (2016). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Agresivitas Pajak. Jurnal Akuntansi & Audiiting Volume 13 No. 1 Tahun 2016: 80-96