Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Pada Perusahaan Cipta Grafika
Abstract
Penerapan manajemen pelanggan atau customer relationship management (CRM) karena adanya kebutuhan perusahaan untuk merawat dan mengetahui banyak hal terkait dengan pelanggannya yang benar-benar dekat. jumlah pelanggan tersebut cukup banyak yang hampir tidak memungkinkan perusahaan memahami satu persatu pelanggannya dengan baik dan lengkap. Tujuan penelitian ini yaitu perusahaan harus mampu lebih mandiri dalam mengelola database yang akan berdampak pada penurunan jumlah pelanggan yang sudah sering melakukan pembelian sebelumnya. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode deskriptif, library research, library research merupakan metode yang dilakukan dengan mempelajari literature-literatur dan tulisan-tulisan yang mempunyai kaitan erat dengan permasalahan. Hasil penelitian ini yaitu perusahaan dapat mengenali pelanggan secara lebih detail dan melayani mereka sesuai kebutuhannya. Secara umum, beberapa konsep CRM yaitu (1) Membangun database pelanggan yang kuat, (2) Membuat profil dari setiap pelanggan atau Buyer Persona, (3) Menganalisa profit dari tiap-tiap pelanggan, (4) Melakukan personal assistance dengan pelanggan.
References
Babar, M. P., & Saitakela, M. (2019). Implementasi Customer Relationship Management (Crm) Pada Klinik Valerie Beauty. JITU : Journal Informatic Technology And Communication, 3(1), 58–63. https://doi.org/10.36596/jitu.v3i1.74
Habibillah, M. W. (2018). “Pengaruh CRM Terhadap Kepercayaan Konsumen serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Survey pada Petani Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.” Cakrawala, 12(1). https://doi.org/10.32781/cakrawala.v12i1.263
Oktarina, R. (2022). Implementasi Teknologi Sistem Customer Relationship Management ( CRM ) Guna Meningkatkan Pelayanan Penjualan. 2(5), 1–13.
Sustiyatik, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 10(2), 175. https://doi.org/10.30649/japk.v10i2.84
Wildyaksanjani, J. P., & Sugiana, D. (2018). Strategi Customer Relationship Management (CRM) PT Angkasa Pura II (Persero). Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 10. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.8754