Perencanaan Pemasaran Menggunakan Analisis Swot Pada CV. Putra Galuh

  • Nicky Amanda Indriyani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Citra Savitri Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Syifa Pramudita Faddila Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: perencanaan pemasaran, analisis swot, strategi pemasaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pemasaran pada CV. Putra Galuh menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Perusahaan yang bergerak di bidang industri perdagangan ini menjual kapur tohor atau kalsium oksida. Perusahaan ini mengalami penurunan penjualan saat pandemi kemarin, dikarenakan perusahaan hanya mengandalkan penjualannya kepada vendor yang sudah bekerjasama.

Maka dari itu dilakukan penelitian dengan menggunakan metode analisis SWOT, yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang timbul di CV. Putra Galuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang dilakukan dengan cara melakukan kerja praktik di CV. Putra Galuh yaitu mengumpulkan informasi, mencatat apa saja kendala yang dihadapi selama kerja praktik itu berlangsung. Kerja praktik yang dilakukan selama periode bulan Februari 2021 sampai dengan bulan April 2021.

Hasil dari penelitian dengan analisis matrik SWOT dapat disimpulkan bahwa CV. Putra Galuh perlu memperluas pangsa pasar untuk meningkatkan penjualan, memperbaiki kualitas produk, meningkatkan jumlah konsumen dengan penjualan, memperbaiki kualitas produk, meningkatkan jumlah konsumen dengan promosi atau semacamnya dan juga menggunakan bahan baku sebaik mungkin untuk meminimalisir kegagalan produksi. Dengan strategi pemasaran yang telah disebutkan perusahaan bisa memperbaiki permasalahan yang dihadapi

References

Aprianti, E. (2017). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Honda Studi pada PT. Pasific Motor 1 Cikarang,. In Skripsi (p. 29). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa.

Rangkuti, F. (2013). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Septiari, E. D. (2018). Perencanaan Strategi Pemasaran Batik di Prawirotaman Menggunakan Analisis SWOT. September, 5–6.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (22nd ed.). Alfabeta.

Suryatama, E. (2014). Lebih memahami Analisis SWOT dalam Bisnis. Kata Pena.

Widiyarini, & Hunnusalela, Z. F. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan QPSM dalam Peningkatan Penjualan PT. Primavista Solusi. 5(4), 384–397.

Yulianti, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Deepublish.
Published
2022-06-16