Peran Pemimpin dalam Menumbuhkan Jiwa Enterpreneur Karyawan PT Siix Ems Indonesia Bagian Purchasing

  • Rifkiana Mariska Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Budi Rismayadi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Neni Sumarni Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Peran Kepemimpinan, Jiwa Enterpreneur, Target Penjualan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pemimpin dalam menggerakkan sumber daya manusianya untuk memiliki jiwa enterpreneur. Secara khusus penelitian ini memiliki target untuk menganalisis bagaimana proses pelaksanaan peran pemimpin entepreneur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Tehnik pengumpulan data digunakan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh dilakukan pengabsahan melalui: a) Ketekunan pengamatan, b) Triangulasi Sumber Data, c) Kecukupan Referensi. Data hasil penelitian diolah melalui teknik: Reduksi Data, b) Penyajian Data, c) Penarikan Kesimpulan, yang bertujuan untuk mendapatkan data dalam menunjang hasil akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemimpin dengan memiliki jiwa enterpreneur mampu memberikan kontribusi positif terhadap karyawan dengan memotivasi kinerjanya, melalui pencapaikan target penjualan

References

Agustin, A., & Khuzaini. (2017). Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Transportasi Online (Go-Jek ) Di Surabaya. 6(September).
Azhar, M., & Laily, N. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Entrepreneur, Motivasi, Lingkungan Kerja Terhapap Kinerja Karyawan Rumah Batik Dolly. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.
Bahruddin, E., Rubayah, D. W., Asmahasanah, S., Ibn, U., & Bogor, K. (2019). Kepercayaan Diri Peserta Didik Untuk Berbisnis. 10(1), 51–59.
Fathoni, A. (2018). Kepemimpinan Entrepreneur Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang Skripsi Oleh : Ahmad Fathoni Prodi Manajemen Pendidikan Islam.
Komariah, N. (2017). Kepemimpinan Entrepreneurship Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemandirian Pembiayaan Sekolah. 1–26.
Margahana, H., & Triyanto, E. (2019). Membangun Tradisi Entrepreneurship Pada Masyarakat. Edunomika, 03(02), 300–309.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuanlitatif dan Kuantitatif. (Setiyawami, Ed.) (Ke- 1). Bandung: Alfabeta, ISBN: 978-602-289-373-8.
Syamsiyah, S. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Di Era Disrupsi Teknologi. 1, 147–154.
Published
2022-06-15