PENGEMBANGAN DAN PELESTARIAN EB BATIK DI ERA MODERN

  • Santi Pertiwi Hari Sandi
  • Rika Uswatun Hasanah
  • Nurhasanah
  • Denny Lesmana
Keywords: Pelestarian Batik, Era Modern, generasi muda

Abstract

buatannya dilakukan secara tradisional serta turun temurun sejak zaman sejarah
sampai sekarang. Namun seiringnya perkembangan zaman, remaja lebih suka
berpenampilan modis dengan gaya luar negeri seperti artis-artis Korea maupun bintang
televisi yang sering dilihat nya, mereka tidak begitu suka memakai batik karena menurut
pandangannya, batik terlalu kuno untuk dikenakan anak muda. oleh karena itu, kami ingin
menumbuhkan rasa cinta pada generasi muda untuk batik dengan tujuan untuk
mengidentifikasi pengembangan dan pelestarian di era modern ini. Dalam Penelitan ini
menggunakan metode kunjungan lapangan, dengan mengikuti kunjungan industrial ke
workshop EB BATIK TRADITIONAL CIREBON.
Di Era modern dan perkembangan E-Commers saat ini, memberikan banyak
peluang untuk mempromosikan batik khas cirebon ini. EB Batik sudah berhasil
mempertahankan eksitensi nya selama 41 tahun dan hingga saat ini. Dengan
membukanya Work shop di Showroom EB Batik ini membuat kami para generasi muda
maupun masyarakat luas dapat mengenal lebih luas lagi mengenai Batik, dan membuat
kami paham arti penting nya suatu karya seni batik dan nilai budaya yang terkandung di
dalamnya. Tentunya dalam pengembangan pelestarian batik ini sangat diperlukan Peran
generasi muda, untuk menjadikan batik tidak sekedar seni budaya saja, Tetapi Kita harus
bumikan dan menjadikan batik sebagai gaya hidup.

is done traditionally and passed down from historical times to the present. But
along with the times, teenagers prefer to look fashionable with foreign styles such as
Korean artists and television stars that are often seen, they do not really like wearing batik
because in his view, batik is too old-fashioned for young people to wear. therefore, we
want to foster a love for the younger generation for batik with the aim of identifying
development and preservation in this modern era. This research uses a field visit method,
by following an industrial visit to the EB BATIK TRADITIONAL CIREBON workshop.
At present in the modern era and the development of E-Commers, provides many
opportunities to promote this Cirebon batik. EB Batik has managed to maintain its
existence for 41 years and until now. By opening the Work shop in the EB Batik
Showroom, we, young people and the wider community, can get to know more about
Batik, and make us understand the importance of a batik art work and the cultural values
contained therein. Of course, in the development of batik conservation is indispensable
role of the young generation, to make batik not only cultural art, but we must earth and
make batik as a style life.

Published
2020-06-01