STRATEGI PEMASARAN MELALUI ANALISIS SWOT PADA TOKO 06 ORIGINAL FOOTWEAR KARAWANG

  • Adang Nurcahya
  • Puji Isyanto
  • Citra Savitri

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui serta menentukan strategi pemasaran yang sesuai
dengan “Toko 06 Original Footwear Karawang”. Metode yang digunakan melalui analisis
SWOT dengan metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari data primer dan
sekunder yang berasal dari Toko 06 Original Footwear Karawang dengan 10 pertanyaan
yang mewakili variabel kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Toko 06 Original Footwear Karawang memiliki analisis lingkungan
internal dengan kekuatan yaitu menjual brand-brand terkenal, harga yang terjangkau,
promosi yang sangat murah, lokasi berada di pusat kota. Sedangkan kelemahan yang
dimiliki adalah kurangnya distributor untuk menyediakan barang, kurangnya kelengkapan
produk yang dibutuhkan konsumen, kurang inovasi dalam memperkenalkan produk pada
calon konsumen lain yang berada jauh dari lokasi, tempat yang kurang strategis dan tidak
adanya fitting room. Pada kondisi eksternal dengan peluang yaitu menciptakan strategi ewom dari pelanggan potensial, pertumbuhan tren yang cukup positif, harga yang terjangkau
dibanding pesaing, peningkatan pendapatan di daerah Karawang memungkinkan bisnis ini
terus eksis. Sedangkan ancaman pesaing dengan sepatu kualitas rendah dijual dengan lebih
murah, pesaing dengan produk sejenis, dampak negatif promosi dari kompetitor melalui epromotion dan lokasi usaha yang kurang strategis dibanding pesaingnya. Posisi Toko 06
Original Footwear Karawang berada di kuadran I mendukung strategi agresif dengan nilai
peluang lingkungan sebesar 1,12 dan kekuatan internal sebesar 1.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Faktor Internal-Eksternal

Published
2021-10-21