Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri Hegarmukti 02 Kecamatan Cikarang Pusat

  • Sri Rayana Rahmawati Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yayan Alpian Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Sri Wulan Anggraeni Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Peran guru, Pengelolaan pembelajaran, Pandemi covid 19

Abstract

Guru adalah sebuah profesi yang mendidik siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pandemi COVID-19 memberikan tantangan bagi guru untuk mengajar dalam kondisi yang belum pernah dialami sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran guru dalam pengelolaan pembelajaran selama pandemic COVID-19. Metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan situasi yang terjadi saat penelitian. Data dikumpulkan dari pengamatan dan wawancara terhadap seluruh wali kelas di SDN Hegarmukti 02 Kecamatan Cikarang Pusat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sembilan dari tujuh guru sudah mengelola pembelajaran dengan baik. Perangkat, kuota internet, sinyal dan kemampuan orangtua dalam memahami materi adalah hambatan selama pembelajaran di masa pandemic COVID-19. Perbedaan diantara pembelajaran di masa pandemi COVID-19 dan tatap muka yitu durasi yang lebih singkat. Sedangkan, media pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah aplikasi google form, google classroom, power point dan video.

Published
2023-02-19