Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri Hegarmukti 02 Kecamatan Cikarang Pusat
Abstract
Guru adalah sebuah profesi yang mendidik siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pandemi COVID-19 memberikan tantangan bagi guru untuk mengajar dalam kondisi yang belum pernah dialami sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran guru dalam pengelolaan pembelajaran selama pandemic COVID-19. Metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan situasi yang terjadi saat penelitian. Data dikumpulkan dari pengamatan dan wawancara terhadap seluruh wali kelas di SDN Hegarmukti 02 Kecamatan Cikarang Pusat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sembilan dari tujuh guru sudah mengelola pembelajaran dengan baik. Perangkat, kuota internet, sinyal dan kemampuan orangtua dalam memahami materi adalah hambatan selama pembelajaran di masa pandemic COVID-19. Perbedaan diantara pembelajaran di masa pandemi COVID-19 dan tatap muka yitu durasi yang lebih singkat. Sedangkan, media pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah aplikasi google form, google classroom, power point dan video.