Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) terhadap Pemahaman Konsep IPA di Sekolah Dasar

  • Anisah Laelasari Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Harmawati Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yulistina Nur DS Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS), Pemahaman Konsep IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap pemahaman konsep IPA di  Sekolah Dasar. Populasi yang digunakan siswa kelas IV SDN Bojongsari 04, beralamat di Desa Bojongsari Kecamatan Kedungwaringin Kabupaten Bekasi berjumlah 15 siswa.  Desain dalam penelitian menggunakan One Group Pretest Posttest, yaitu siswa kelas IV terlebih dulu diberikan tes awal selanjutnya diberikan penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Penelitian ini menggunakan instrumen soal pilihan ganda yang berjumlah 30 soal. Setelah dilakukan penelitian maka siswa yang diberikan perlakuan memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang belum diberikan perlakuan. Hal ini dapai dilihat dari nilai tertinggi posttest yang diperoleh siswa setelah diberi perlakuan dengan model Children Learning In Science (CLIS) yaitu 93, sedangkan nilai tertinggi pretest sebelum diberi perlakuan yaitu 50. Maka, rata-rata (mean) nilai yang diperoleh siswa setelah diberi perlakuan yaitu 84,07 sedangkan rata-rata (mean) nilai yang diperoleh sebelum diberi perlakuan yaitu 40,67. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) < 0,005 yaitu sig = 0,000 < 0,005. Kemudian dari proses perhitungan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 27,329 > 1,1771 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian pemahaman konsep IPA siswa setelah diberikan perlakuan lebih baik daripada pemahaman konsep IPA siswa sebelum diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil tersebut, bahwa model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) lebih baik digunakan dalam pembelajaran pada siswa dan terdapat pengaruh terhadap pemahaman konsep IPA kelas IV SDN Bojongsari 04.

Published
2023-02-19