Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap pemahaman konsep IPA pada materi organ gerak hewan siswa kelas V Desa Karawang Kulon di SDN Karawang Kulon II tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Karawang Kulon II. Sampel pada penelitian ini berjumlah 32. Teknik pengumpulan data melalui tes berupa soal pilihan ganda. Hasil uji validitas tes soal pilihan ganda pada mata pelajaran IPA materi organ gerak hewan diperoleh 12 butir soal yang menyatakan valid dari 20 butir soal yang diujicobakan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu perhitungan statistik. Hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa taraf signifikansi yang diperoleh 0,029 < 0,05. Sehingga H0 ditolak hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap pemahaman konsep IPA pada materi organ gerak hewan. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap pemahaman konsep IPA materi organ gerak hewan pada siswa kelas V sekolah dasar.