Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make a Match Terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Siswa Sekolah Dasar

  • Melinda Dewi
  • Anggy Giri Prawiyogi
  • Andes Safarandes Asmara
Keywords: Cooperative Learning, Make A Match dan Kemampuan Berhitung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe make a match Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar SDN Palumbonsari IV, yang beralamat di Jl. Karees Palumbonsari Kecamatan Karawang Timur berjumlah 15 siswa. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design, dimana kelas VB menjadi kelas eksperimen yang terlebih dulu diberi soal pretest kemudian diberi treatment dan diberi soal protest masing-masing sebanyak 5 butir soal yang sudah di uji validitas. Hasil dari uji coba tersebut terdapat 5 soal valid dari 15 soal yang di uji cobakan, selanjutnya dihitung uji reliabilitas dengan hasil 0,74. Berdasarkan data yang diperoleh dengan nilai rata-rata pretest sebesar 40,00 dan posttest sebesar 72,00 terbukti nilai posttest lebih tinggi karena sudah diberikan treatment. Kemudian pada uji Paired Simple Test nilai pretest dan posttest sebesar 5,527 dengan sig (2-tailed) sebesar 0.000  0.05 dengan n = 15 yang artinya menunjukan H1 ditolak jadi terbukti bahwa adanya pengaruh model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas V SDN Palumbonsari IV Tahun Pelajaran 2020/2021.

Published
2020-03-11