Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar

  • Aisah Nurhikmah
  • Harmawati
  • Yulistina Nur DS
Keywords: Pendekatan Saintifik, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Pengembangkan keterampilan dalam pembelajaran IPA sangat penting dilakukan, Kurangnya keterampilan proses sains di SD Negeri Mulyasejati IV pada kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik yang memiliki keterkaitan dengan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sain siswa Sekolah Dasar. Peneliti melakukan penelitian dengan jumlah populasi 109 dengan sampel yang di ambil satu kelas IV berjumlah 20 siswa.  Desain dalam penelitian menggunakan One Group Pretest Posttest, yaitu siswa diberikan pretest kemudian posttest. Hasil dari uji validitas soal essai keterampilan proses sains pada materi  dalam buku tema 2 subtema 1 pembelajaran ke 1 diperoleh 11 soal essay valid dari 15 soal essai. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai  sebesar 0,879. Berdasarkan hasil nilai belajar siswa berupa pretest dan posttest pengujian yang telah dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t Paired Samples Test. Statistik deskriptif terlihat dari nilai  rata-rata pretest sebesar 467,50 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 731,25 terbukti nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari nilai rata-rata pretes. Uji-t Paired Samples Test pretest dan posttest sebesar 10,978 dengan sig (2-tailed) sebesar 0.000  0.05 dengan n= 20 yang artinya menunjukan  ditolak jadi terbukti bahwa ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains siswa Sekolah Dasar.

Published
2020-03-11