Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar
Abstract
Bedasarkan pra survey yang telah dilakukan di SDN Duren III Kecamatan Klari,Hasil belajar peserta didik masih rendah. Hal in disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu Metode pembelajaran yang berpusat pada guru. Dalam proses pembelajaran peserta didik sering kali hanya mendengarkan dan mencatat materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan metode pembelajaran IPA. Penilitian ini merupakan jenis penilitian kuantitatif. Dengan jenis Pre-Eksperimental Designs (nondesigns) dengan menggunakan one-group pretest posttest dengan jumlah sampel 10 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument berupa soal tes. Hasil dari uji validitas soal pada 20 butir instrument diproleh 15 soal yang dinyatakan valid dari 20 instrumen yang diuji cobakan. Hasil dari uji reliabilitas diproleh nilai berdasarkan tabel uji hipotesis dengan paired sample test menunjukan bahwa nilai signifikansi adalah 0,000 lebih kecil dai 0,05. Maka Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengrauh Metode Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA kelas IV pada tema kayanya Negriku di SD Negri duren III. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Duren III.